OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI DALAM MEMBENTUK GENERASI Z BERKARAKTER MENUJU ERA SOCIETY 5.0
Primanisa Inayati Azizah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Pada masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya menanamkan pendidikan karakter bangsa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kajian literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan permasalahan yang ditemukan. Jenis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari studi literatur. Studi literatur adalah cara yang dipakai untuk menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat dalam suatu penelitian. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, optimalisasi peran guru dalam pendidikan karakter di masa pandemi dalam membentuk generasi Z berkarakter yaitu melalui: (1) Kerjasama antara guru dan orang tua, (2) Penanaman nilai-nilai karakter pada setiap aktivitas pembelajaran, dan (3) pembinaan karakter secara daring dan terus menerus. Pembelajaran daring yang menarik, menyenangkan, berbobot dan bermakna dapat menumbuhkan karakter pelajar Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lickona, T. (2012). Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). (J.A. Wamaungo, trans). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ni’mawati, dkk. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Pada Masa Pandemi. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(2); 145-156.
Pemerintah Indonesia. (2003). UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Purandina, IPY. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta. 3(2),272-273. DOI: 10.37329/cetta.v3i2.454
Risnawati, V. (2012). Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona PAUD. 1(1). DOI: 10.24036/1595
Safitri, A. E., & Novianto, V. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS Di Madrasah Tsanawiyah. JIPSINDO, 6(1), 1-24.
Setyaningrum, Y. & Husamah. (2011). Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Berbasis Keterampilan Proses: Sebuah Perspektif Guru IPA Biologi. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan (JP3), 2(1), 69-81.
Sudarsono, Sudrajat, & Wibowo. (2016). Implementasi pendidikan karakter di SMP N 2 Klaten dan MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO. 1(3).
Sudrajat,dkk. (2015). Muatan nilai-nilai karakter melalui permainan tradisional di PAUD Among Siwi, Panggungharjo, Sewon Bantul. JIPSINDO. 2(1).
Sudarsono, A., & Sudrajat, S. W. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Smp Negeri 2 Klaten Dan Mts. Wahid Hasyim Yogyakarta. JIPSINDO, 3(1).
Sugihartono,dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Suhaimi. (2016). Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Strategi Pembelajaran Inovatif. Prosiding Seminar PS2M UNLAM. 2(1).
Sekretariat Negara. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellnes and Healthy Magazine. 2(1), 187-192.
DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.48358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo
Email: jipsindo@uny.ac.id