IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH AMAN BENCANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR

Rizkia Mutiara Ramadhani, Universitas Pertahanan Indonesia, Indonesia
Fitri Andrianti Indah Gustaman, Universitas Pertahanan Indonesia, Indonesia
Muhammad Sarip Kodar, Universitas Pertahanan Indonesia, Indonesia
IDK Kerta Widanaha, Universitas Pertahanan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Sekolah Aman Bencana terhadap sekolah yang terletak di Kalimantan Timur. Sekolah merupakan area publik yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat terutama anak-anak. Sekolah Aman Bencana merupakan salah satu cara untuk melindungi anak-anak dan generasi muda dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang kondusif serta aman dari ancaman bahaya yang tidak dapat terhindarkan. Pengajaran terkait pengetahuan terhadap bencana dan simulasi evakuasi merupakan hal yang penting sebagai modal kesiapsiagaan yang harus dimiliki seluruh warga sekolah. Sarana dan prasarana yang memadai juga tidak kalah penting sebagai penunjang kesiapsiagaan sekolah. Kesiapsiagaan sekolah menjadi suatu keharusan mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki ancaman bahaya yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian analisis secara deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dari komponen sekolah seperti wakil kepala sekolah, guru praktik, serta staff untuk meninjau kesiapsiagaan warga sekolah dalam menghadapi ancaman bahaya di daerah setempat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Sekolah Aman Bencana di SMKN 4 Balikpapan sudah cukup baik karena didukung oleh tingkat kesiapsiagaan yang baik dari warga sekolah

IMPLEMENTATION OF DISASTER SAFE SCHOOLS PROGRAMS IN VOCATIONAL SCHOOLS 4 BALIKPAPAN, EAST KALIMANTAN BALIKPAPAN, EAST KALIMANTAN

This study aims to determine the implementation of the school of Disaster Safe School in East Borneo. School is a public area where people gather, especially children. Safe Disaster Schools are one way to protect children and young people in creating conducive teaching and learning activities and safe from the inevitable threat of danger. Teaching related to knowledge about disasters and evacuation simulations is important as preparedness for all school members. Adequate facilities and infrastructure are no less important to support school preparedness. School preparedness is a must given that Indonesia is a country that has a high threat of danger. This study uses a qualitative method with the presentation of a descriptive analysis. Research data were collected from school components such as vice principals, practical teachers, and staff to review the preparedness of school residents in facing hazard threats in the local area. The results of this study indicate that the implementation of Disaster Safe Schools at SMKN 4 Balikpapan is good enough because it is supported by a good level of preparedness from the school community.


Keywords


Safe disaster school, School preparedness, Disaster knowledge, Evacuation simulation

Full Text:

PDF

References


Anderson, and King, D. (2005). Mitigation of The Impact of Tropical Cyclones in Northern Australia through Community Capacity Enhancement. Mitigation and Adaption Strategies for Global Change, Juli 2005, Volume 10, Issue 3, pp 367-39.

Ariyanti PS, Fathani TF, Wilopo W. (2018). Tesis: Pemetaan Risiko Multi Bencana Kota Balikpapan. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada

Bachri S. (2012). Fase Kompresi di Selat Makassar Berdasarkan Data Geologi Daratan, Seismik Laut dan Citra Satelit. Jurnal Sains dan Teknologi Geologi. Volume 22 (3), hh. 137-144

Badan Pusat Statistika Kota Balikpapan. (2018). PDRB Kota Balikpapan Atas Dasar Harga Berlaku Menurut Lapangan Usaha Tahun 2010-2018.

Berita Satu. (2019). 1,73 Juta Jiwa Terdampak Kekeringan di 7 Provinsi. https://www.beritasatu.com/irawati-diah-astuti/nasional/573650/173-juta-jiwa-terdampak-kekeringan-di-7-provinsi

Berita Satu. (2019). 3.731 Bencana di Indonesia Didominasi Hidrometeorologi. https://www.beritasatu.com/feri-awanhidayat/nasional/592953/3731-bencana-di-indonesia-didominasi-hidrometeorologi

Glen. (2017). Terjadi 76 Bencana Banjir dan 21 Tanah Longsor di Balikpapan. https://www.inibalikpapan.com/2016-terjadi-76-bencana-banjir-dan-21-tanah-longsor-di-balikpapan/

Glen. (2019). Kebakaran Hutan dan Lahan di Balikpapan Meningkat Dua Kali Lipat. https://www.inibalikpapan.com/kebakaran-hutan-dan-lahan-di-balikpapan-meningkat-dua-kali-lipat/Idn times Kalimantan Timur. (2019). Jumlah Kasus Kebakaran Lahan di Balikpapan Meningkat Tajam. Diakses dari https://kaltim.idntimes.com/news/kaltim/muhammad-maulana-3/jumlah-kasus-kebakaran-lahan-di-balikpapan-meningkat-tajam/1

InaRISK. (2020). Peta Risiko Bencana di Kota Balikpapan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Konsorsium Pendidikan Bencana. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta: Konsorsium Pendidikan Bencana

Lilik K., Lilis S.M., Aminudin H., Elfina R. (2016). Inisiasi Sekolah/madrasah Aman Bencana. Jurnal Riset kebencanaan. 2 (2) 106-116.

LIPI UNESCO/ISDR. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa dan Tsunami. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jakarta

Miles MB, Huberman AM, Saldana J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Moleong, LJ. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 4 Tahun 2012

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Sarwidi, Wantoro, D., dan Suharjo, D. (2013). Evaluasi Sekolah Siaga Bencana (Studi Kasus: SMKN Berbah Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Prosiding Seminar Nasional 2013 Menuju Masyarakat Madani dan Lestari. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.

Satori D, Komariah A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sudrajat dan Satriyo Wibowo. (2016). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO. No.2 Volume 3 September 2016

Sugiharyanto, Wulandari, T., dan Wibowo S., (2014). Persepsi Mahasiswa Pendidikan IPSI Terhadap Mitigasi Bencana Gempa Bumi. JIPSINDO. 2(1):164-182.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Zahro, Zulfianti Rosyida, Hana Andriningrum, Elmawati Purnama Sari, Imam Gunawan. (2017). Sekolah Siaga Bencana: Kajian Evaluatif Kesiapsiagaan Sekolah Menghadapi Bencana. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.