KEEFEKTIFAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 1 JETIS BANTUL

Siti Nurjanah, Sekolah Tinggi Agama Ambon, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) keefektifan metode PBL dibandingkan dengan metode ceramah dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar IPS, 2) perbedaan hasil belajar IPS peserta didik pada kelompok motivasi tinggi dan rendah baik yang belajar dengan metode PBL dan yang belajar dengan metode ceramah dan, 3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan merupakan pretest and postest group design dengan analisis faktorial 2x2. Sampel penelitian dua kelas yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling dengan jumlah 60 peserta didik. Data diperoleh dengan: (1) tes, untuk mengukur hasil belajar IPS, dan (2) angket dengan skala Likert untuk menggolongkan motivasi tinggi dan motivasi rendah. Berdasarkan hasil analisis data dengan α=0,05 kesimpulannya adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar IPS peserta didik dengan metode PBL lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS peserta didik yang belajar dengan metode ceramah; (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik pada kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah yang belajar dengan metode PBL dan yang belajar dengan metode ceramah; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPS peserta didik.

Keywords


Problem-based learning, Motivasi dan hasil belajar, Ilmu pengetahuan sosial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.2888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.