PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN IPS TERHADAP MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI
Taat Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Satriyo Wibowo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan IPS Universitas Negeri Yogyakarta terhadap mitigasi bencana gempa bumi. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UNY yang berjumlah 264 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling sedangkan perhitungan pengambilan sampel berdasarkan monogram Harry King. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Pendidikan IPS UNY terhadap mitigasi bencana gempa bumi berada pada kategori sangat baik sebesar 59,9%, kategori baik sebesar 43,4%, kategori cukup sebesar 0,7%, dan kategori kurang sebesar 0%. Kesimpulan untuk masing-masing indikator dapat dirinci sebagai berikut: (1) Persepsi mahasiswa Pendidikan IPS terhadap mitigasi struktural bencana gempa bumi sebesar 56,6% berkategori sangat baik, 41,5% berkategori baik, dan 5,9% berkategori cukup; (2) Persepsi mahasiswa Pendidikan IPS terhadap mitigasi nonstruktural bencana gempa bumi sebesar 50,6% berkategori sangat baik, 48,7% berkategori baik, dan 0,7% berkategori cukup. Persepsi mahasiswa Pendidikan IPS terhadap mitigasi bencana gempa bumi berdasarkan angkatan atau tingkatan sebagai berikut: (a) Mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2012, sebesar 48,1% berkategori sangat baik, 50% berkategori baik, dan 1,9% berkategori cukup; (b) Mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2011, sebesar 52% berkategori sangat baik dan 48% berkategori baik; serta (c) Mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2010, sebesar 64% berkategori sangat baik dan 36% berkategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Dadang Sungkawa. (2011). Letak Indonesia (Jurnal).http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/195502101 980021-DADANG_SUNGKAWA/letak_Indonesia.pdf. diunduhpada tanggal12 Desember 2012 jam 07.25 WIB.
DEPKOMINFO. (2008). Memahami Bencana: Informasi Tindakan Masyarakat Mengurangi Resiko Bencana. Jakarta: Badan Informasi Publik Pusat.
Ella dan Usman. (2008). Mencerdasi Bencana. Jakarta: PT. Grasindo.
Hadi Purnomo dan Ronny Sugiantoro. (2010). Manajemen Bencana: Respons dan Tindakan terhadap Bencana. Jakarta: Media Pressindo.
Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Lange; M. Ivanova; N. Lebedeva. (1991). Geologi Umum (alihbahasa: Eric Jayaporhas Silitonga). Jakarta: Gaya Media Pratama.
Radianta Triatmadja. (2010). Tsunami: Kejadian, Penjalaran, Daya Rusak, dan Mitigasinya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.S.
Arie Prambodo. (2005). Panduan Praktis Menghadapi Bencana. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Undang-undang No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Wasis Suprapto, dkk. (2011). “Penerapan Program Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Siswa SMP (Studi Kasus Di SMPN 2 Sanden)”. Pelita (Volume VI, Nomor 2). Yogyakarta: Lembaga Penelitian
DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.2887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo
Email: jipsindo@uny.ac.id