PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI WILAYAH III KECAMATAN KEBAYORAN BARU JAKARTA SELATAN

Nur Wahyuni, Universitas Prof. Dr. Hamka Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar terhadap pendidikan karakter di Wilayah III, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru sekolah dasar Wilayah III, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Objek penelitiannya adalah persepsi guru terhadap pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif menggunakan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi guru Sekolah Dasar di di Wilayah III, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terhadap pendidikan karakter hipotesis (H1) diterima artinya ada perbedaan persepsi antara guru yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman dalam implementasi pendidikan karakter. Karena angka yang diperoleh dalam penelitian lebih besar dari > ). Hasil perhitungan yang lebih besar dari pada juga dapat dilihat dari hasil rata-rata skor angket guru yang berpengalaman lebih besar yakni sedangkan hasil rata-rata skor angket guru yang tidak berpengalaman adalah sebesar 126.5.


Keywords


Persepsi, Guru, Pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


A, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

A, Najib Sulhan M. 2011. Karakter Guru Masa Depan : Sukses & Bermartabat. Surabaya : Jaring Pena

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Danim, Sudarwan . 2011. Pengembangan Profesi Guru : Dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta : Kencana

Fakhruddin, Asef Umar. 2011. Menjadi Guru Favorit: Pengalaman, pemahaman, dan Praktek Mewujudkannya. Jogjakarta: DIVA Press

Khan, D. Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi publishing.

KEMENDIKNAS. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah

Nur Wahyuni Kusuma, Dharmadkk. 2011. Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter “Menjawab Tangtangan Krisis Multidimensional”. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mu’in, Fatchul Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter: “kontruksi Teoretik & praktik”. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Robbins, Stephen P, 2007. Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.

Samani, Muchlas & Hariyanto, M.S. 2011. Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Sudrajat. 2014. Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, Jipsindo, 1(1), 1-19.

Sugiyono,2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i1.2884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.