PENGARUH PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Heri Maria Zulfiati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract


Pertumbuhan yang cepat dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan memungkinkan siswa untuk mengakses bahan belajar yang lengkap dari berbagai sumber. Para siswa didorong untuk belajar mandiri dan mereka menjadi subyek belajar (student centered) dan guru dituntut inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran IPS berbasis ICT menggunakan Lectora Inspire dalam meningkatkan hasil belajar dari pada buku-buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dilakukan di SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian yang digunakan adalah Kelompok Kontrol acak desain pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik ketersediaan sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan kuesioner. Perbedaan hasil belajar IPS serta minat siswa belajar IPS antara kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan menggunakan t-test independen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS berbasis ICT dengan aplikasi Lectora Inspire. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan ICT aplikasi Lectora Inspire lebih tinggi daripada menggunakan buku teks (t = 9,226 dan p= 0,004< α= 0,05, (2) minat belajar siswa menggunakan ICT dengan aplikasi Lectora Inspire lebih tinggi daripada menggunakan buku teks (t= 7,098 dan p= 0,001 < α= 0,05 ).

Keywords


Pembelajaran IPS, ICT, Lectora, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aristo Rahadi (2009). Pengertian, manfaat, dan fungsi media pembelajaran. Diambil pada tanggal 20 Januari 2010 dari http://aristorahadi.wordpress.com/2008/04/28/media-pembelajaran-dalam-pendidikan-jarak-jauh/.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali pers

Campbell, D. & J. Stanley. 1963. Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research, Boston, MA: Houghton Mifflin Company.

John W. (2005). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, 3rd edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi Pendidikan.

Estina Ekawati (2008) dengan judul “Pembelajaran Matematika Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa. Tesis diambil dari http://pasca.uny.ac.id/?p=427

Etin Solihatin & Raharjo. (2008). Cooperatif learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. (1993). How to design and evaluate research in education,2nd edition. New York: McGraw-Hill Inc.

Gall, M.D, Gall, J.P & Borg, W.R. (2003). Educational Research: an introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Heinich, et al. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning.New Jersey: Prentice-Hall Inc.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.