PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU IPS SMP DI KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28401Keywords:
Pemanfaatan Media Pembelajaran, Guru IPS, Kota YogyakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui upaya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru IPS SMP di Kota Yogyakarta. Pemanfaatan media pembelajaran IPS dalam penelitian ini meliputi upaya pemanfaatan dengan membeli media pembelajaran IPS, dengan membuat atau merancang sendiri media pembelajaran IPS, dengan memodifikasi media pembelajaran IPS, dengan mengadaptasi media pembelajaran IPS dan dengan memberi penugasan siswa membuat media pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan secara cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPS SMP di Kota Yogyakarta sejumlah 147 guru IPS SMP dengan sampel sebanyak 60 guru IPS SMP yang ditetapkan dengan teknik cluster sampling dari sekolah berstatus negeri maupun swasta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumenasi. Uji validitas instrumen menggunakan analisis skala oleh Louis Guttman dengan menghitung koefisiensi reprodusibilitas (Kr) dan koefisiensi skalabilitas (Ks) serta uji reliabilitas menggunakan rumus KR 20. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,10% (50 guru) atau sebagian besar guru IPS SMP di Kota Yogyakarta melakukan pemanfaatan media pembelajaran IPS. Pemanfaatan media pembelajaran dengan membeli sebesar 18% (11 guru), dengan membuat atau merancang sendiri sebesar 26% (16 guru), dengan memodifikasi sebesar 15% (9 guru), dengan mengadaptasi sebesar 27% (16 guru), dengan memberi penugasan siswa sebesar 14% (8 guru)
References
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kemdikbud. (2017). "Rekapitulasi Dana BOSTingkat SMP di Kota Yogyakarta2017". Diakses dari https://bos.kemdikbud.go.id/index.php/pada tanggal 26 Agustus 2019, pukul 00.31 WIB
Singarimbun, M & Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sadiman, A, dkk. (2005). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudrajat, Hendrastomo, Miftahuddin. (2013). "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Untuk Meningkatkan MutuPendidikan" diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319840/pengabdian/pengembangan-media-.pdf, pada tanggal 3 November 2018, pukul 22:04 WIB
Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Supardi, Widiastuti, Saliman. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Audiovisual. JIPSINDO, 2 (1)
Supardi & Widiastuti, A. (2014). Pemanfaatan Laboratorium IPS SMP. Jurnal Pendidikan IPS Volume 1 Nomor 2.
Warsita. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.