PENGUATAN NILAI LOCAL WISDOM MELALUI PENERAPAN "˜'PETRUK''
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24333Keywords:
Nilai kearifan lokal, Petruk, Berbasis budaya, SMP Negeri 3 YogyakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai local wisdom (kearifan lokal) melalui penerapan Petruk di Sekolah berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan melakukan wawancara kepada siswa, guru dan kepala sekolah, sedangkan analisis data menggunakan model Miles & Hubermen analisis data terdiri dari 1) pengumpulan data dengan diskripsi perilaku ekologis/observasi, catatan lapangan dan analisis dokumen; 2) reduksi data yang berarti proses pemilihan, menajamkan, menggabungkan, dan mengorganisasikan data yang diperoleh sesuai dengan tujuan; 3) penyajian data yaitu tahapan memaknai apa yang terjadi; 4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah didapatkan 9 nilai kearifan lokal yaitu kejujuran, kesusilaan, kesabaran, kerendahan hati, tanggung jawab, pengendalian diri, kepemimpinan, ketelitian, kerjasama. Penanaman nilai kearifan lokal yang diterapkan oleh Sekolah Berbasis Budaya melalui strategi penamaan. Strategi dalam penanaman nilai kearifan local di Sekolah Berbasis Budaya menggunakan strategi PETRUK. P sebagai pemodelan, E sebagai empowering atau pemberdayaan, T sebagai teaching atau pembelajaran, R sebagai Reinforching atau penguatan lingkungan. U sebagai Unik, dan K sebagai komprehensif atau menyeluruh, yaitu bekerja sama dengan masyarakat dan juga lembaga lain, melakukan kemitraan. Metode penanaman nilai kearifan lokal di SMPN 3 Banguntapan, yaitu melalui: kegiatan rutin, keteladanan, dan pengkondisian lingkungan.References
Ahmad Syafi'i Ma'arif, (2009), Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemnusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah, Bandung: Mizan.
Burhan Bungin, (2001), Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Varian Kontemporer, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmiyati, Z. 2008. Humanisasi Pendidikan, Menemukan kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara
Emzir, (2008), Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.
Etin Solihatin & Raharjo.(2008). Cooperatif learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Irwan Abdullah, (2010), Bepihak Pada Manusia:Paradigma Nasional Pembangunan Indonesia Baru, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koentjaraningrat, (2000), Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia.
Koentjaraningrat, (2009), Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta.
Kuntowijoyo, (1999), Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Bentang.
Lexy J. Moleong, (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya.
Moh. Nazir, (2005), Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Nafi Sanggenafa, (2009), "Integrasi Nsional dan Penguatan Negara dalam Perspektif Natropologi, Kasus Papua", dalam Bambang Widianto dan Iwan Meulia Pirous (peny.), Perspektif Budaya, Jakarta: Rajawali Pers.
Nana Syaodih Sukmadinata, (2005), Landasan Psikologi Proses Pendidikan,Bandung: Rosdakarya.
Sanapiah Faisal, (2001), Format-format Penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sartono Kartodirdjo, (2003), Multidimensi Pembangunan Bangsa; Etos Nasionalisme dan Negara Kesatuan, Yogyakarta: Kanisius.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.