IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • Ardilla Elfira Safitri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Victor Novianto Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24328

Keywords:

Pendidikan karakter, Pembelajaran IPS, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter, hasil implementasi pendidikan karakter, dan faktor pendorong dan penghambat implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS adalah siswa membantu teman, guru memberikan tugas, siswa membaca asmaul khusna, siswa hadir ke kelas tepat waktu, guru dan siswa melakukan tanya jawab. Hasil implementasi pendidikan karakter adalah siswa senang membantu teman, siswa dapat mengerjakan tugas mandiri, siswa rajin beribadah, siswa tidak terlambat datang ke kelas, dan siswa dapat menjawab pertanyaan. Faktor pendorong implementasi pendidikan karakter adalah siswa merupakan seorang santri dan faktor penghambatnya adalah guru belum memahami tentang bagaimana pendidikan karakter di jenjang Mts. 

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Safitri, A. E., & Novianto, V. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 6(1), 1–24. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i1.24328