Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah- langkah model pembelajaran kooperatif AKSI BELA NKRI untuk meningkatkan kompetensi sikap sosial di kelas VIIIH SMP Negeri 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Fokus pengamatan kompetensi sikap sosial meliputi sikap disiplin, tanggungjawab, gotong royong dan percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus secara berurutan dan setiap siklus melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus untuk aspek disiplin yang berkategori sangat baik sebesar 56% mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 76,66% dan pada siklus II sebesar 93,33%, untuk aspek tanggungjawab pada pra siklus sebesar 73,33% mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 100% dan siklus II sebesar 100%, untuk aspek gotong royong pada pra siklus sebesar 33,33% mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 56,67% dan siklus II sebesar 86,67% dan untuk aspek percaya diri pada pra siklus sebesar 10% mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 20% dan sikus II sebesar 86,67%. Berdasarkan data pada akhir siklus II, semua aspek pengamatan kompetensi sikap sosial menunjukkan hasil di atas 86% yang berkategori sangat baik. Simpulannya adalah model pembelajaran AKSI BELA NKRI dapat meningkatkan kompetensi sikap sosial peserta didik.
Keywords
Model aksi bela NKRI, Kompetensi sosial, Sikap sosial