MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Sumiyati Sumiyati, SMP Negeri 14 Surakarta, Indonesia

Abstract


Stigma negatif siswa yang menganggap IPS sebagai pembelajaran yang membosankan, antusiasme siswa, dan rendahnya minat untuk belajar merupakan persoalan klasik yang tidak pernah selesai. Strategi pembelajaran yang monoton juga menambah permasalahan menjadi semakin rumit. Penggunaan strategi pembelajaran kontektual (CTL) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa SMP. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 14 Surakarta yang terletak di Jalan WZ Yohannes, Jebres, Kota Surakarta. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 32 orang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu: wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah: teknik analisis data kualitatif model Miles & Huberman yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu: data reduction, data display, dan conclussion untuk data kualitatif, sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan statistik diskriptif yaitu analisis tendensi sentral. Penerapan model pembelajaran Contetual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 31,25%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I skor motivasi tinggi meningkat, namun masih belum mencapai target penelitian yakni sebesar 59,38%. Pada tindakan siklus II skor motivasi tinggi meningkat menjadi sebesar 81,25%. Penerapan model pembelajaran Contetual Teaching and Learning (CTL) juga dapat meningktakan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai hasil belajar dari pra tindakan, yakni siswa yang tuntas belajar atau mencapai batas KKM (>75) sebesar 21,87%. Setelah dilakukan tindakan siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 56,25%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 78,12%.

Keywords


Motivasi belajar, Contextual teaching and learning, Hasil belajar, SMP N 14 Surakarta

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. (2003). Metodologi penelitian pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Mulyasa, E.(2003).Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nazarudin.(2007). Manajemen pembelajaran: Implementasi konsep, karakteristik dan metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Penerbit Teras

Nurhadi.(2002). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Oemar Hamalik.(2003). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga & Siregar E. (2004). Mozaik teknologi pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Robertus Angkowi dan A. Kosasih.(2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo

Sanjaya, W.(2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman.(1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali

Slameto.(1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudrajat. (2014). Pendidikan multikultural untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah dasar, Jipsindo, 1(1), 1-19.

Sudjana, Nana.(2011).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugihartono,dkk.(2010). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kreatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih.(2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. (2001). Filsafat Konstruktifisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Tabrani dkk.(1989). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B.(2007). Teori Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i1.14839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.