Strategi Pengembangan Usaha Mie Ayam Cabe Hejo Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM

Adzkia Marwa As-siisi, Universitas Pendidikan Indonesia
Agus Rahayu, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Puspo Dewi Dirgantari, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak−Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Mie Ayam Cabe Hejo menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis strategi menggunakan matriks IFE dan EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mie Ayam Cabe Hejo memiliki posisi yang kuat dalam memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada dan mampu mengatasi kelemahan dan ancaman dengan nilai tertimbang IFE sebesar 2,81 dan nilai tertimbang EFE sebesar 2,775. Dalam analisis menggunakan matriks IE menunjukkan bahwa Mie Ayam Cabe Hejo dapat menggunakan strategi hold and maintain dengan strategi alternative penetrasi pasar dan pengembangan produk. Kedua strategi tersebut menjadi salah satu pertimbangan dalam menetapkan strategi yang tepat. Analisis matriks SWOT menghasilkan sembilan strategi alternatif yang dapat diterapkan. Strategi yang sebaiknya diprioritaskan oleh Mie Ayam Cabe Hejo adalah dengan melakukan penetrasi pasar.

Kata Kunci: Manajemen Strategi; Matriks SWOT; Matriks QSPM; Matriks IE; UMKM

 

Full Text:

PDF

References


David, M. E., David, F. R., & David, F. R. (2017). The quantitative strategic planning matrix: a new marketing tool. Journal of Strategic Marketing, 25(4), 342–352. https://doi.org/10.1080/0965254X.2016.1148763

Effendi, U., Astuti, R., & Candra Melati, D. (2017). Development Strategies of Chocolate Business Using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) and Multi Attribute Utility Theory (MAUT) at “Kampung Coklat”, Blitar. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2017.006.01.5

Harini, C., & Yulianeu. (2015). Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang melalui Strategi Penetrasi Pasar. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(1), 59–66.

Herlina, L., & Sulayman, D. (2013). Market Penetration Strategy of Gambier Toothpaste for Children’S Teeth Care. Available Online At, 2(1), 145–153. http://tin.fateta.ipb.ac.id/journal/e-jaii

Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 225. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516

Pudjihardjo. (2015). Analisa Pengaruh Kepercayaan Kemudahan Kualitas Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran Di Media Sosial. Journal of Marketing, 364–379.

Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (2014). MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN METODE QSPM ( QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS ) ( STUDI KASUS RESTORAN BIG BURGER MALANG ) PLAN OF RESTAURANT DEVELOPMENT STRATEGY USING SWOT ANALYSIS AND QSPM ( QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX ) METHODS ( CASE. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 3(2), 93–106.

Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309

Rainanto, B. H. (2019). Analisis Permasalahan yang Dihadapi Oleh Pelaku Usaha Mikro agar Berkembang menjadi Usaha Kecil (Scalling Up) Pada UMKM di 14 Kecamatan di Kabupaten Bogor. Scalling Up, UMKM, Micro Bussiness, Marketing, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Matriks Ifas – Efas Pada Cv. Dinasty. Seminar Nasional IENACO, 238–245.

Sarjono, B. (2013). Pengelolaan Strategi dalam Persaingan Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi, 9, 58–61.

Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Tjoe, T. ., & Sarjono, H. (2010). Strategi Bisnis Pada PT. CTL dengan Pendekatan Metode TOWS. Binus Business Review, 1(2), 434–447.

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability (13th Editi). Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v19i2.54539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License