PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGURUS UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 2019-2020

Irawawan Budi Santoso,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keaktifan Organisasi terhadap Prestasi Belajar Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pemgambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa pengurus UKM UNY periode 2019 sebanyak 153 mahasiswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan wawancara terhadap responden. Pengolahan data penelitian menggunakan software SPSS 22 dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian pada taraf signifikansi 5% adalah sebagai berikut: 1) Keaktifan Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. 2) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. 3) Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar secara simultan berpengaruh terhadap Prestasi Belajar

Keywords


keaktifan berorganisasi; motivasi belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (1996). Tes Prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daruyani, S., Wilandari, Y., & Yasin, H. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa FSM Universitas Diponegoro Semester Pertama dengan Metode Logistik Biner. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL STATISTIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO 2013 (pp. 185-194). Jurusan Statistika Undip.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan penerbitan Universitas Diponegoro.

Hakam, M., Sudarno, S., & Hoyyi, A. (2015). Analisis jalur terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa statistika UNDIP. Jurnal Gaussian, 4(1), 61-70.

Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Niaga Swadaya.

Ius, Jun. (2017). Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa. Diakses tanggal 19 Agustus 2019 dari https://www.academia.edu/12829860/Artikel_Pentingnya_organisasi_bagi_mahasiswa.

Keller, J.M. (1987). Strategies for Stimulating The Motivation to learn. Wiley Online Library.

Muhadjir, N. (2000). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial.

Yogyakarta: Raka Sarasin.

Munir, B. (2012). Six Dimensions Organization. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pemerintah Indonesia. (1998). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155/U/1998 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Sekretariat Negara.

Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 54-64.

Saragih, J.H. dan Valentina T.D. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Udayana. Udayana, Junal Psikologi.

Sardiman.(1992).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali.

Sursuyobroto.(2002).Proses Belajar Mengajar di Sekolah.Jakarta:Rineka Cipta.

Syah, M.(2010).Psikologi Pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin.(1999). Psikologi Belajar. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Triana, E. (2011). Pengaruh keaktifan Organisasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi angkatan 2008 dan 2009 Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta. hlm, 25-70.

Umar, H. (2002). Metode riset bisnis: panduan mahasiswa untuk melaksanakan riset dilengkapi contoh proposal dan hasil riset bidang manajemen dan akuntansi. Gramedia Pustaka Utama.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2017). Penghargaan Prestasi Mahasiswa dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 dan Dies Natalis ke-53 Universitas Negeri Yogyakarta.

Uno, Hamzah B. (2006). Teori Motivasi Belajar & Pengukurannya.Jakarta:PT Bumi Aksara.

Wulandari, R. (2011). Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Study D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v16i2.34768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License