Analisis Pembelajaran Literasi Keuangan Melalui Konten Video: Tinjauan pada Short Video TikTok

Mochammad Reza Putra Nugroho, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Haerunisa Haerunisa, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Meisya Putri Izati, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Salmadila Ramadhanty, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Buyung Firmansyah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menyebarkan penerapan edukasi kepada masyarakat mengenai literasi keuangan melalui konten video di media sosial pada platform TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan suatu cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah penelitian melalui aktivitas observasi yang berupa narasi. Hasil penelitian menggunakan metode observasi dengan cara menganilis video konten video Raymond Chin di dalam platform TikTok. Penelitian ini menunjukkan bahwa Raymond Chin telah memenuhi indikator-indikator yang dianalisis, di antaranya Raymond Chin memiliki kemampuan memberikan informasi cepat dan relevan bagi penonton menggunakan gerakan tangan, intonasi suara yang membuat penampilan tidak terlihat monoton, serta menggunakan bahasa yang informal dan kerap menggunakan bahasa Inggris serta bahasa gaul untuk menarik para penonton . Hal ini menjadikan Ryamond Chin sangat populer bagi audiens yang ingin mempelajari dan memiliki minat pada literasi keuangan. Pada video-video kontennya, Raymond Chin mampu mengajak para penonton untuk ikut merasakan apa yang dirinya sampaikan sehingga dapat menimbulkan ketertarikan untuk membuat penonton peduli terhadap penyampai dari dirinya.

 


Keywords


Literasi Keuangan, Media Sosial, Konten Kreator

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2023, May 24). 10 Negara dengan Jumlah Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia (April 2023). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as

Apriliani, R. (2023). URGENSI KETERAMPILAN LITERASI KEUANGAN SEJAK DINI: ANALISIS KENDALA DAN PROSPEK. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 1(1), 1–16.

Andiani, D. A. P., & Maria, R. (2023). Pengaruh Financial Technology dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Z. JURNAL AKUNTANSI BISNIS DAN EKONOMI, 9(2).

Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. PUBLICIANA, 9(1), 140-157. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79/73

Evanti, V. (2019). PEMANFAATAN KEKAYAAN MEDIA SOSIAL OLEH MOJOK.CO (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Twitter @mojokdotco dalam Menambah Jumlah. Digilib UIN-SUKA. Retrieved April 29, 2024, dari https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50163/1/15730042_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Jauhari, S. S. (2023, 12 9). TikTok Jadi Media Sosial dengan Waktu Penggunaan Terlama, Lebih Dari 50 Menit per Hari. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/tiktok-jadi-media-sosial-dengan-waktu-penggunaan-terlama-lebih-dari-50-menit-per-hari-V8ySw

Literasi Keuangan. (n.d.). Otoritas Jasa Keuangan. Retrieved March 12, 2024, from https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx#:~:text=Literasi%20Keuangan%20adalah%20pengetahuan%2C%20keterampilan,untuk%20mencapai%20kesejahteraan%20keuangan%20masyarakat

Maulana, I., Manulang, J. M. br, & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. In Majalah Ilmiah Bijak (Vol. 17, Issue 1). http://ojs.stiami.ac.id

Moleong, L. J. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif (T. Surjaman, Ed.; 1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2005). Metodologi penelitian. PT. Bumi Aksara.

Saifulllah. (2006). Buku Panduan Metodologi Penelitian. Fakultas Syariah UIN.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi penelitian : pendekatan praktis dalam penelitian (1st ed.). ANDI .

Sappaile, B. I. (2007). KONSEP INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN. https://www.researchgate.net/publication/338630469

Saskia, C., & Nistanto, R. K. (2023, February 14). 15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram . Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram

Saudjana, N., & Kusuma, A. (2002). Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi . Sinar Baru Argasindo.

Tinjauan literatur. (n.d.). Universitas STEKOM. Retrieved March 12, 2024, from https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Tinjauan_literatur

Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v21i1.72851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International