Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan FISE UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Pedagogik mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY; (2) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Kepribadian mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY; (3) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Profesional mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY; (4) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Sosial mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY
Subjek penelitian adalah mahasiswa aktivis Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Program Studi kependidikan di FISE UNY tahun 2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menghitung kecenderungan untuk setiap kompetensi dengan menggunakan strandar yang telah ditentukan sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi pedagogik mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (2) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi kepribadian mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (3) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi profesional mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; dan (4) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi sosial mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap.
Subjek penelitian adalah mahasiswa aktivis Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Program Studi kependidikan di FISE UNY tahun 2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menghitung kecenderungan untuk setiap kompetensi dengan menggunakan strandar yang telah ditentukan sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi pedagogik mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (2) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi kepribadian mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (3) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi profesional mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; dan (4) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi sosial mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jep.v7i1.579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International