Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan FISE UNY

Siswanto -, FE UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Pedagogik  mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY; (2) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Kepribadian  mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY; (3) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Profesional  mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY; (4) mengetahui kesiapan menjadi Guru dari segi Kompetensi Sosial  mahasiswa Calon guru Aktivis Ormawa 2009 FISE – UNY
Subjek penelitian adalah mahasiswa aktivis Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Program Studi kependidikan di FISE UNY tahun 2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menghitung kecenderungan untuk setiap kompetensi dengan menggunakan strandar yang telah ditentukan sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi pedagogik mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (2) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi kepribadian mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; (3) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi profesional mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap; dan (4) kesiapan menjadi guru dari segi kompetensi sosial mahasiswa aktivis Ormawa FISE UNY adalah tinggi/siap.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v7i1.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International