Policy Study Refleksi Kebijakan Jurusan Pendidikan Ekonomi
- Ngadiyono, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi terhadap kinerja akademik dan administratif jurusan dan untuk menggali aspek-aspek kinerja jurusan yang memerlukan pengelolaan dan pembinaan yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitif deskriptif. Pendekatan ini juga dilakukan untuk mengeksplorasi apa yang selama ini dirasakan dan diinginkan oleh mahasiswa sehingga ada butir-butir pertanyaan yang ada dalam instrumen penelitian merupakan semi open questioner. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini maka dilakukan pemaparan statistik deskriptif berupa frekuensi, persentase, dan pie chart. Data diperoleh dengan cara sengaja dari mahasiswa angkatan tahun 2006, 2007, dan 2008 Jurusan Pendidikan Ekonomi
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Secara umum kinerja jurusan Pendidikan Ekonomi UNY yang mengimplementasikan berbagai komponen standar nasional pendidikan yang dijalankan mendapatkan nilai cukup berdasarkan persepsi mahasiswa. 2) Tidak ada satupun dari 7 standar pendidikan tersebut dalam aplikasinya mendapatkan nilai baik. 3) Standar pendidikan yang mendapatkan nilai kurang adalah standar penilaian pendidikan dan yang mendapatkan nilai cukup namun relative kurang adalah sarana dan prasarana.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitif deskriptif. Pendekatan ini juga dilakukan untuk mengeksplorasi apa yang selama ini dirasakan dan diinginkan oleh mahasiswa sehingga ada butir-butir pertanyaan yang ada dalam instrumen penelitian merupakan semi open questioner. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini maka dilakukan pemaparan statistik deskriptif berupa frekuensi, persentase, dan pie chart. Data diperoleh dengan cara sengaja dari mahasiswa angkatan tahun 2006, 2007, dan 2008 Jurusan Pendidikan Ekonomi
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Secara umum kinerja jurusan Pendidikan Ekonomi UNY yang mengimplementasikan berbagai komponen standar nasional pendidikan yang dijalankan mendapatkan nilai cukup berdasarkan persepsi mahasiswa. 2) Tidak ada satupun dari 7 standar pendidikan tersebut dalam aplikasinya mendapatkan nilai baik. 3) Standar pendidikan yang mendapatkan nilai kurang adalah standar penilaian pendidikan dan yang mendapatkan nilai cukup namun relative kurang adalah sarana dan prasarana.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International