EFEKTIFTAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING

Susan Febrianti, Universitas negeri Jakarta, Indonesia
Nadya Fadillah Fidhyallah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Ananda Sekar Amalia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fauziah Syabani Rahma, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Muhammad Alief Rajab, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Razen Akraman, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Kualitas pendidikan merupakan tolok ukur kesuksesan suatu lembaga pendidikan. Pemanfaatan teknologi dan informasi merupakan kebutuhan untuk bekerja sama dalam dunia pendidikan. Perlunya dikembangkan pendidikan dengan menggunakan e-learning guna meningkatkan standar kualitas pendidikan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait penggunaan media yang berbeda dalam LMS dan mengetahui kekurangannya, sehingga diharapkan akan ada perubahan yang mempermudah peserta didik maupun pendidik dalam pemanfaatan LMS. Pembelajaran menggunakan e-learning atau yang dikenal dengan Learning Management Systemn (LMS) terdapat banyak fitur yang berguna dalam menunjang pembelajaran. Melihat perkembangan ini perlu juga adanya penelitian apakah e-learning merupakan sistem pembelajaran yang baik dengan pemanfaatan teknologi atau sistem ini tidak sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis, dimana penelitian dilakukan dengan menerapkan hasil penelitian terdahulu untuk menarik kesimpulan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Keywords


Optimalisasi, Learning Management System, E-Learning, Teknologi Pembelajaran, Pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Affandi, B. F. (2022). Optimalisasi Kuis Berbasis Moodle untuk Evaluasi

Pembelajaran Akuntansi di Era Digital. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen

Bisnis, Vol. 10 44-53.

Ahmadi, F. K. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era

Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Qahar Publisher.

Al-Tabany, T. I. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual.

Prenada Media.

Arrofi, Z. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM E-LEARNING (Studi Kasus: SMA Negeri 1

Sirampog, Brebes). (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).

Darliah, L. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi dan Penggunaan E-learning terhadap

Prestasi Belajar sebagai Variabel Intervening Studi Kasus pada Mahasiswa

Pendidikan Ekonomi FE UNY 2012-2013). FE Universitas Negeri Yogyakarta.

Darma, I. K. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era

Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. In PRISMA, Prosiding Seminar

Nasional Matematika , Vol. 3, pp. 527-539.

Dewantara, J. A. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah

Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269.

Dewantara, J. A. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With

Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Edukasi Burma, 77-82.

Febrita, Y. &. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar

siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Hardika, R. T. (2021). Pengembangan learning management system (lms) dalam

implementasi media pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Prespektif, 143-150.

Hidayat, A. N. (2021). KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM

PEMANFAATAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SMAN

PEKANBARU. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN

SYARIF KASIM RIAU.

Iim Halimatul Mu’minah, A. A. (2020). OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE

CLASSROOM SEBAGAI ALTERNATIF DIGITALISASI DALAM PEMBELAJARAN

JARAK JAUH (PJJ) . Jurnal Bio Education, 23-35.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran elektronik (e-learning) terhadap mutu belajar

mahasiswa. . Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41-54.

Khairi, A. K. (2022). Teknologi Pembelajaran: Konsep dan Pengembangannya di Era

Society 5.0. Penerbit NEM.

Larasati, N. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS)

Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and

McLean. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas,, 4(1), 13-20.

Marit, E. L. (2021). Pengantar Ilmu Ekonomi. Yayasan Kita Menulis.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan,

(1), 51-66.

Nasution, E. L. (2020). Uraian Singkat tentang E-learning. Deepublish.

Oktavian R & Aldya R, F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era

Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.

Paldam, M. (2015). Meta-Analysis in a Nutshell : Techniques and General Findings Meta-

Analysis in a Nutshell : Techniques and General Findings. Economics: The Open-

Access, . Open-Assessment E-Journal, 1–14. .

Paramita, Y. &. (2021). Faktor Kritis Kesiapan E-Learning Pendorong Perfoma Belajar

Ekonomi Siswa SMA Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil

Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan

Pembelajaran, 7(2), 314-327.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV.

Sarnu Untung.

Purba, B. N. (2020). Ekonomi Sumber Daya Alam: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan.

Yayasan Kita Menulis.

Rasidi, M. A. (2021). Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN

Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 159-174.

Sihotang, H. (2020). Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19. IMMANUEL: Jurnal Teologi

dan Pendidikan Kristen, 1(2), 63-75.

Sriawan, &. U. (2015). Pemetaan Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru

Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani Tahun 2013-2015. . Jurnal Pendidikan Jasmani

Indonesia,, 82–87.

Suaila, A. &. (2019). Menggali kembali peran Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar

negara dalam pembangunan hukum nasional di era global. Law and Justice, 4(1),

-55.

Sudiana, R. (2016). Efektifitas penggunaan learning management system berbasis online.

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2). 187.

Sulasmi, E. S. (2020). COVID 19 & KAMPUS MERDEKA Di Era New Normal. Kumpulan

Buku Dosen.

Tirziu, A. M. (2015). Education 2.0: E-learning methods. Procedia Social and Behavioral

Sciences, , 186, 376-380.

Ujulawa, M. (2017). Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan

Moodle pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta . Jurnal ilmiah KOMPUTASI, 16(1),

–69.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.

Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v19i2.54999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International