PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA N 1 WATES
Tejo Nurseto,
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi kelas X; dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran dan peserta didik kelas X IPS 1 SMA N 1 Wates. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mengembangkan media pembelajaran kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran melalui lima tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi; 2) Media pembelajaran Kartu Uno dinyatakan layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran ekonomi dan termasuk dalam kriteria sangat baik, berdasarkan dari: a) ahli materi memperoleh rata-rata skor akhir 3,82 (kriteria baik), b) ahli media memperoleh rata-rata skor akhir 4,325 (kriterwia sangat baik), c) praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata skor akhir 4,818 (kriteria sangat baik), dan tanggapan peserta didik dari kelompok kecil memperoleh rata-rata skor akhir 4,552 (kriteria sangat baik) dan uji coba pemakaian memperoleh rata-rata skor 4,637 (kriteria sangat baik).
Abstract: This study aims to: 1) develop uno card learning media as a learning tool for class X economic learning; and 2) learning the feasibility of learning media. This research uses the development research method using the ADDIE development model. The subjects of this study were media experts, material experts, learning and students of class X IPS 1 of SMA N 1 Wates. The results showed that: 1) developing card learning media as a learning evaluation tool through five stages, namely, analysis, design, development, development, and implementation; 2) Uno Card Learning Media is declared appropriate to be used as an evaluation tool for economic learning and is included in an excellent assessment, based on a) material experts get an average score of 3.82 (right criteria), b) media experts get an average final score of 4,325 (excellent criteria), c) agreed to learn an average final score of 4,818 (excellent criteria), and students' responses from small groups obtained an average final score of 4,552 (excellent criteria) an average score of 4,637 (excellent criteria).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrul; Rusydi Ananda; dan Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dick, W., Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins College Publishers.
Haris, Muhammad Taufiq. (2014). Pengaruh Performa Guru dan Variasi Metode Pengajaran terhadap Mutu Pembelajaran PPKn Siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hidayati, Nurul dan Luqman Hakim. (2014). Pengembangan Permainan Kartu Uno sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Hutang Jangka Panjang. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2 (2).
Muhson, A. (2012). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: UNY.
Mundofir. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum 2013 Di Sman 6 Dan Sma Sman 7 Banjarmasin (The Problematics Of Learning Indonesian In Curriculum 2013 In Sma Negeri 6 And Sma Negeri 7 Banjarmasin). Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Vol. 7 (1).
Uniarsi, Meci; Budiman Tampubolon, dan Nursyamsiar Tirtowati. (2014). Penerapan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Prichilia, Fina. (2019). Kemdikbud: TA 2019/2020 Semua Sekolah Wajib Pakai Kurikulum Nasional. Diperoleh dari https://kumparan.com/kumparanmom/kemdikbud-ta-2019-2020-semua-sekolah-wajib-pakai-kurikulum-nasional-1551538233720811799/full pada Maret 2019.
Samsusilowati, Pungky dan Ngadirin Setiawan. (2017). Pengembangan Permainan Kartu Uno sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (1).
Septiyuni, Dara Agis. (2014). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) terhadap Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Bandung: UPI.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development / R&D). Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v16i1.23413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International