RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Ariadie Chandra Nugraha, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kemal Hakim Bachmid, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Khasanah Rahmawati, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yoyakarta, Indonesia
Nadila Putri, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yoyakarta, Indonesia
Alifah Raihan Nur Hasanah, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yoyakarta, Indonesia
Faishal Aziz Rahmat, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT:

Cognitive development based on Piaget's theory in elementary school-aged children is in the concrete operational and formal operational period, children can think logically about something concrete, but if faced with abstract problems they will tend to have difficulty During the COVID-19 pandemic, education was held online which resulted in several problems. Likewise with SDN Tegalmulyo which has several problems, such as decreased student enthusiasm in learning, reduced understanding of the material, and decreased student interest in learning. The purpose of this research is to develop interesting and interactive learning media and to assist teachers in delivering thematic learning materials. This program of activities goes through a series of methods that include pre-activities (licensing and needs analysis), implementation (programming guides, program development, to the learning process) and post-activity (evaluation). Feedback from application users for two months showed that 70% of students felt the learning atmosphere became more interesting and fun; 90% of students feel more enthusiastic when learning to use PIN.AR; and 60% of students want the PIN.AR application to be applied until the end of the semester. Through the learning media, PIN.AR makes learning more interactive, so that students can understand the material more easily, can increase interest in learning, and can improve student understanding.

ABSTRAK:

Perkembangan kognitif berdasarkan teori Piaget pada anak usia sekolah dasar berada pada masa operasional konkret dan operasional formal, anak dapat berpikir logis terhadap sesuatu yang bersifat konkret, tetapi jika dihadapkan dengan permasalahan abstrak akan cenderung kesulitan. Selama pandemi COVID-19, pendidikan diselenggarakan secara daring yang mengakibatkan adanya beberapa permasalahan. Begitu pula dengan SDN Tegalmulyo yang memiliki beberapa permasalahan, seperti menurunnya antusias siswa dalam pembelajaran, berkurangnya pemahaman materi, serta menurunnya minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif serta membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tematik. Program kegiatan ini melalui serangkaian metode yang mencakup prakegiatan (perizinan dan analisis kebutuhan), pelaksanaan (penyusunan panduan program, pembuatan program, hingga proses pembelajaran) dan pasca kegiatan (evaluasi). Umpan balik dari pengguna aplikasi selama dua  bulan didapat hasil bahwa 70% siswa merasa suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan; 90% siswa merasa lebih semangat jika belajar menggunakan PIN.AR; serta 60% siswa menginginkan aplikasi PIN.AR diterapkan  sampai akhir semester. Melalui media pembelajaran PIN.AR ini menjadikan pembelajaran lebih interaktif, sehingga siswa menjadi lebih mudah memahami materi, dapat meningkatkan minat belajar, dan dapat meningkatkan pemahaman siswa.


Keywords


Pandemi, pendidikan, media pembelajaran, pembelajaran tematik, Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3): 286. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033. Diakses 15 Februari 2021.

Astuti, Nur Azizah Rizki. 2020. KPAI Ungkap Kendala Anak Saat Belajar Daring: Kuota-Beban Tugas Tinggi. Artikel. https://news.detik.com/berita/d-5067692/kpai-ungkap-kendala-anak-saat-belajar-daring-kuota-beban-tugas-tinggi. Diakses 14 September 2021.

Basar, Miftahul Afip. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1). https://media.neliti.com/media/publications/331350-problematika-pembelajaran-jarak-jauh-pad-f67e8dbd.pdf diakses pada 15 Oktober 2021.

Bujuri, Dian Andesta. 2018. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1). https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720 diakses pada 19 Oktober 2021.

Dwiwati, D. M, N. Suparta, dan I G. S. A. Putra. 2016. Dampak Teknik Penyuluhan Focus Group Discussion (FGD) terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Penerapan pada Penyuluh dan Peternak Sapi Bali di Bali. Jurnal Ilmiah Peternakan, 19(2). http://khodijahismail.com/wp- content/uploads/2015/07/6.- Metoda-dan-Teknik-Penyuluhan.pdf diakses pada 15 Agutus 2021.

Ina Magdalena, Dea Kiki Yestiani, Puspitasari. 2020. Perkembangan Belajar Siswa. Al junrejo- Batu : Literasi Nusantara. , 2(2): 305. Diakses 05 Agustus 2021.

Magdalena, I., Yestiani, D. K., & Puspitasari, P. 2020. Rendahnya PerkembanganMutu Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Adanya Pembelajaran Online. Jurnal Edukasi dan Sains. 2(2): 292-305. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1022. Diakses 05 Agustus 2021.

Marinda, Leny. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anaka Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Peremuan & Keislaman, 13(1). https://media.neliti.com/media/publications/340203-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-00d2756c.pdf diakses pada 19 Oktober 2021.

Meilani, G.R. 2018. Membangun Aplikasi Augmented Reality dengan Unity. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Sabaniah, S., Ramdhan, F. D., & Rohmah K. S. 2021. Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid – 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1). https://media.neliti.com/media/publications/331335-peran-guru-dalam-pelaksanaan-pembelajara-c0e69d57.pdf diakses pada 15 Oktober 2021.

Suarsana, I M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 193-200. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/2171/0 diakses pada 9 Oktober 2021.

Sugihartini, Nyoman. 2016. Strategi Pembelajaran (Pendekatan pembelajaran inovatif disertai dengan Aplikasi Pembelajaran Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi). Singaraja: Undiksha Press.

http://eprints.umg.ac.id/3059/3/BAB%20II.pdf (Diakses hari Kamis, 7 Oktober

Pukul 08.05 WIB).

http://eprints.umm.ac.id/61689/3/BAB%20II.pdf (Diakses hari Kamis, 7 Oktober 2021. Pukul 08.05 WIB).




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.45497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.