PERANCANGAN APLIKASI E-MODUL PEMBELAJARAN INFORMATIKA DI MTS NEGERI 6 AGAM

Yudhi Permana Putra, IAIN Bukittinggi, Indonesia
Hari Antoni Musril, IAIN Bukittinggi, Indonesia

Abstract


ABSTRACT:

In its implementation, motivated by the need for an e-module learning media that is more interesting, one that can be utilized is the application of electronic modules (e-modules). E-modules can be made with various applications, one of which is the sigil application. Components are made to make it easier for students to understand learning with the features that exist in the application, besides that in solving existing problems students can also see the steps on how to complete the exercises and assignments. The research method used is the Research and Development (R&D) research method. The system development model uses the System Development Life Cycle (SDLC) by applying the development model (Luther Sutopo). The results of the validity test conducted by computer experts showed that this product with a value of 0.82 was very good. The results of the practicality test conducted by the informatics subject teacher of this product were declared very practical, the value of 0.86 was very practical. And the results of the effectiveness test carried out with a value of 0.86 are very good.

ABSTRAK:

Dalam pelaksanaannya, dilatar belakangi oleh perlu adanya sebuah media pembelajaran e-modul yang lebih menarik, Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah penerapan electronic modul (e-modul). E-modul dapat dibuat dengan berbagai macam aplikasi, salah satunya aplikasi sigil. Komponen yang dibuat untuk mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut, selain itu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada siswa juga bisa melihat langkah-langkah bagaimana menyelesaikan latihan dan tugas yang dikerjakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan sistemnya menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan menerapkan model pengembangan (Luther Sutopo). Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli komputer menunjukkan produk ini dengan nilai 0,82 sangat baik. Hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran informatika produk ini dinyatakan sangat praktis nilai 0,86 sangat praktis. Dan hasil uji efektifitas yang dilakukan dengan dengan nilai 0,86 sangat baik.


Keywords


learning media, e-module, 4D version, product trial

Full Text:

PDF

References


A. N. Khomarudin and L. Efriyanti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. J. Educ. J. Educ. Stud. Volume 3, Nomor 1, pp. 72–87.

Dian Kurniawan, Sinta Verawati Dewi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi. Volume 3. Nomor 1.

H. A. Musril, Jasmienti, and M. Hurrahman. 2020. Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. JANAPATI J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. Volume 9, pp. 83–95.

I. M. Suarsana and G. . Mahayukti. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. J. Pendidik. Indones. Volume 2. Nomor 2, pp. 265–275

Iswantir. 2019. Pendidikan Islam Sejarah, Peran dan Kontribusi dalam Sistem Pendidikan Nasional. Bandar Lampung: CV. AURA.

M. Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA, 1st ed. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhammad Zakir, Hari Antoni Musril. 2020. Perancangan Media Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Android di SMK Elektronika Indonesia Bukittinggi. Jurnal Edukasi Elektro. Volume 4. Nomor 2, pp. 153-157.

R. Okra and Y. Novera. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. J. Educ. Educ. Student. Volume. 4. Nomor 2, p. 122.

T. Sutarti and E. Irawan. 2017. Kiat-Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish.

T. S. Jaya. 2018. Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). J. Inform. Pengemb. IT. Volume 3. Nomor 2, pp. 45–48

W. Aprison. 2017. Filosofi Pendidikan Indonesia : Kajian Sumber Hukum Pendidikan, 1st ed. Bukittinggi: LP2M IAIN Bukittinggi.

Z. Sesmiarni. 2011. Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Anal. J. Pendidik.. Volume 8, Nomor 2, pp. 109–121.

Zeki Marzuki, Hari Antoni Musril, 2021. Perancangan sistem informasi akademik siswa menggunakan codeigniter 3 di SMKN 4 Payakumbuh. Jurnal Edukasi Eletro. Volume 5. Nomor 1, pp. 49-55.




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v6i1.42342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.