PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PRAKTIK APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI
Vivianti Vivianti, Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRACT:
This study aims to find out students’ perception toward the implementation of online practicum learning at University of Technology Yogyakarta. This study employs quantitative descriptive method. Perception assessment is carried out by referring to 3 components: the component of teaching learning process, the component of lecturer's ability, as well as the components of facilities and infrastructure. Data collection used is an online questionnaire through Google Form distributed to 168 students who enroll practicum course at University of Technology Yogyakarta using purposive random sampling method. The results show that the components of the teaching learning process obtained a perception level of 79%, the component of lecturer's ability to obtain a perception level of 82%, and the infrastructures and facilities component obtained a perception level of 80%. Therefore, it can be implied that students' perception toward online practicum course at University of Technology Yogyakarta is positive with a perception rate of 80%.
ABSTRAK:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran praktikum secara daring di Universitas Teknologi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penilaian persepsi dilakukan dengan mengacu pada 3 komponen yaitu: komponen proses belajar mengajar, komponen kemampuan dosen, serta komponen sarana dan prasarana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form kepada 168 mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah praktikum Aplikasi Teknologi Informasi di Universitas Teknologi Yogyakarta dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen proses belajar mengajar memperoleh tingkat persepsi sebesar 79%, komponen kemampuan dosen memperoleh tingkat persepsi sebesar 82%, dan komponen saranan prasarana memperoleh tingkat persepsi sebesar 80% presentase ini menunjukkan nilai kelayakan atau keberhasilan praktik daring. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa nilai persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan praktikum dengan daring di Universitas Teknologi Yogyakarta bernilai positif dengan tingkat persepsi 80%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Sadikin, Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6. 02, 214-224.
Augusty Ferdinand. 2011. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2020. Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, dan Din Azwar Uswatun. 2020. Penelitian berjudul Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4. 4, 861 - 872.
Hutomo Atman Maulana , Muhammad Hamidi. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Equilibrium: Jurnal Pendidikan. VIII. 2, 224-231.
Khairun Nisa.Penerapan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada MateriFotosintesis Di Kelas VIII Mts Darul Amin Palangka Raya.skripsi.STAIN Palangka Raya, 2012.ha.20-21.
Latjuba Sofyana dan Abdul Rozaq. 2019. Penelitian berjudul Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8. 1, 81-86.
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.
Nurul Lailatul Khusniyah & Lukam Hakim. 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. 17. 1, 19-33.
Oktafia Ika Handarini. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 8. 3, 496-503.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3. 2, 333–352.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling. 2.1, 1–12.
Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8.1, 81-86.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Undang-Undang nomer 20 tahun 2003. Tentang Sitem Pendidikan Nasional. Pasal 1 ayat 15.
Warsito. 2007. Peran TIK dalam Penyelenggaraan PJJ. Jurnal Teknodik. April. 20, 9-41.
Zulfiani, Tonih Feronika, dan Kinkin Suartini. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.34835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Elektro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Supported by:
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.