PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PRAKERIN BERBASIS ANDROID DI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 1 CIKANDE

Muhammad Amir Baihaqi, Sultan Ageng Tirtayasa University, Indonesia
Didik Aribowo, Sultan Ageng Tirtayasa University, Indonesia
Mustofa Abi Hamid, Sultan Ageng Tirtayasa University, Indonesia

Abstract


ABSTRACT

This study aims to produce a product in the form of an Android-based apprenticeship information system in the Department of Electronics Industry, Vocational Secondary School (SMK) Negeri 1 Cikande. The development model used is a Waterfall with a software development method that has four stages: (1) Systems Analysis, (2) Design, (3) Programming, and (4) Testing. The test subjects consisted of 2 teachers and 24 students with data collection techniques in the form of literature and questionnaire studies. Media expert data collection has two aspects, namely: visual appearance and communication, while the user contains three points, including accuracy, visual communication, and data input. The results of user trial through questionnaires distributed to teachers obtained a value of 78.7% and students at 79.86% can be declared feasible. The implication of the results of this study is an Android application that is used by teachers, supervisors, and students for industrial work activities in the Department of Electronics Industry, SMK Negeri 1 Cikande, to make it faster, easier, and more efficient in conducting the internship process.

Keywords: Implications, Research and Development, Trial Results, Waterfall.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa sistem informasi prakerin berbasis Android di  Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Cikande. Model pengembangan yang digunakan ialah Waterfall dengan metode pengembangan software yang memiliki empat tahapan: (1) Analisis Sistem, (2) Desain, (3) Pemrograman, dan (4) Uji coba. Subjek uji coba berjumlah 2 guru beserta 24 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan kuisioner. Pengumpulan data ahli media memiliki dua aspek yaitu tampilan dan komunikasi visual, sedangkan pengguna berisi tiga aspek diantaranya akurasi, komunikasi visual, dan penginputan data. Hasil ujicoba pengguna melalui  kuesioner yang disebarkan kepada guru memperoleh nilai sebesar 78,7% dan siswa sebesar 79,86% sehingga dapat dinyatakan layak. Implikasi dari hasil penelitian ini ialah sebuah aplikasi Android yang dimanfaatkan oleh guru, pembimbing, dan siswa untuk kegiatan prakerin di Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Cikande, agar lebih cepat, mudah, dan efisien dalam melakukan proses prakerin.


Keywords


Hasil Uji Coba, Implikasi, Research and Development, Waterfall.

Full Text:

PDF

References


Andayani, D. D., & Dirawan, G. D. 2019. Pengembangan Sistem Informasi Publikasi Ilmiah Menggunakan Model System Development Life Cycle Berbasis Dynamic Web. In Seminar Nasional LP2M UNM, 512-517.

Arifin, M. 2014. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan pada Instansi/Perusahaan. Jurnal SIMETRIS, 49-56.

Binus. (2018, Januari 4). Library Binus. Retrieved from Binus University: http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2007200217IFBab2/page11.html

Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam , 31-43.

Dini, B. A., & Agmawarnida. 2018. Implementasi Waterfall Method Pada Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Dengan Dukungan SMS Gateway di SMPIT Insan Kamil. Jurnal Informatika SIMANTIK, 36-42.

Febriyanti, S. R., & Melian, L. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Prakerin (Studi Kasus : Puncak Pass Resort). FTIK UNIKOM, 49-55.

Gani, A. G. 2016. e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 1-19.

Ispandi. 2019. Membangun Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Web. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 225-235.

Manfaat, B. 2018. Analisis Data Kuantitatif. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nuari, N. 2014. Perancangan Aplikasi Layanan Mobile Informasi Administrasi Akademik Berbasis Android Menggunakan Webservice (Studi Kasus Reg. B Universitas Tanjungpura). JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 1-6.

Nugroho, V. A., Irawan, P. L., & Prilianti, K. R. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Bimbingan PKL dan Skripsi Berbasis Android. SMATIKA Jurnal (STIKI Informatika Jurnal), 15-20.

Pradana, A. G., & Nita, S. 2019. Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA”Alat Musik Daerah Berbasis Android. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 49-53.

Pressman, R. S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: ANDI.

Pressman, R. S. 2010. Software Engineering: A Practitioner's Approach, Seventh Edition. New York: McGraw Hill Companies.

Ristekdikti. (2018, Januari 30). “Era Revolusi Industri 4.0, Saatnya Generasi Millennial Menjadi Dosen Masa Depan”. Retrieved from Sumber Daya Ristekdikti: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/

Sukir, Nurkhamid, & Nurdiyansyah. 2019. Kelayakan E-Modul Berbasis Android Untuk Mendukung Pembelajaran Aplikasi PLC Sebagai Pengendali Mesin Pengisi dan Penutup Botol Otomatis di SMK . Jurnal Edukasi Elektro, 88-98.

Susafa'ati. 2019. Implementasi Model Waterfall Pada Sistem Informasi Pengiriman Barang Berbasis Web. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, 271-276.

Yamasari, Y., Asmunin, & Kurniawan, I. F. 2015. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Skripsi di Jurusan Teknik Elektro, FT UNESA. Jurnal Manajemen Informatika, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v4i1.32527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.