SIMULASI PENEMPATAN TRANSFORMATOR PADA JARINGAN DISTRIBUSI BERDASARKAN JATUH TEGANGAN MENGGUNAKAN ETAP POWER STATION 12.6.0

Fajar Dwi Safitri, Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Henry Ananta, Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Energi listrik dalam penyalurannya dari pusat pembangkitan, sistem transmisi, sistem distribusi sampai ke pusat beban mengalami jatuh tegangan. Hal ini terjadi karena jumlah konsumen PLN yang tiap tahunnya meningkat sehingga mengakibatkan bertambahnya panjang jaringan dan beban yang harus disuplai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jatuh tegangan pada Penyulang KLS06. Untuk melakukan perhitungan tersebut digunakan software ETAP Power Station12.6.0 dengan menggunakan metode Newton-Raphson. Jaringan distribusi Penyulang KLS 06 termasuk wilayah kerja PT PLN (Persero) ULP Semarang. Pada transformator distribusi 3 fasa 50 kV dengan nomor gardu KLS06-110 mengalami pembebanan yang melebihi batas standar. Sehingga pada Bus24 mengalami jatuh tegangan sebesar 3,75%. Berdasarkan SPLN 72: 1987 batas maksimum jatuh tegangan yang diijinkan pada JTR yaitu 4%. Untuk mempertahankan kualitas tegangan dan mengantisipasi terjadinya jatuh tegangan yang lebih besar akibat pertambahan beban, maka perlu dilakukannya sisip transformator yang dihubung paralel dengan transformator KLS06-110. Dari hasil analisis setelah dilakukan sisip transformator didapat nilai jatuh tegangan pada Bus24 berkurang 1,75% sehingga nilainya menjadi 2%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v4i1.29315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.