PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Sri Rahayu, SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Edy Supriyadi, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik siswa kelas X Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, siklus I tiga kali pertemuan, siklus II empat kali pertemuan, dan siklus III tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan non tes (lembar observasi) untuk mengetahui komponen pendukung pembelajaran dan tes (instrumen pretest-posttest) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Pada  penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Type, kompetensi siswa mengalami peningkatan ditinjau dari hasil pretest-posttest siswa. Siklus I memiliki persentase ketuntasan pretest 0% posttest 28,1%. Siklus II memiliki  persentase ketuntasan  pretest 0%, posttest 68,75%. Siklus III persentase ketuntasan pretest 0% posttest 75%. Pada observasi terjadi peningkatan dan penurunan pada setiap komponen di setiap siklus.


Keywords


penelitian tindakan kelas, problem posing, prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v4i1.28950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.