RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL

Ariadie Chandra Nugraha, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Moh. Khairudin, Universitas Negeri Yogyakarta
Deny Budi Hertanto, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan proses: (1) mengembangkan game edukasi pada mata kuliah praktik teknik digital, dan (2) meguji kelayakan dari game edukasi pada mata kuliah praktik teknik digital.. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari (a) Analisis, (b) Desain, (c) Development, (d) Implementasi, dan (e) Evaluasi. Hasil proses ini adalah : (1) Pengembangan game “Master of Digital”  dengan model ADDIE menghasilkan game edukasi yang terdiri dari halaman utama, level game, skor tertinggi, dan pengaturan. (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi didapatkan rerata skor 73 dari rerata skor maksimal 84 dengan kategori “sangat layak”.  Berdasarkan penilaian oleh ahli media didapatkan rerata skor 84 dari rerata skor maksimal 104 dengan kategori “layak”. Berdasarkan penilaian oleh mahasiswa didapatkan rerata skor 54,61 dari rerata skor maksimal 80 dengan kategori “layak”.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.15121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.