UJI KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK NASIONAL BERBAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) melakukan perancangan dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana, (2) mengetahui unjuk kerja multimedia pembelajaran interaktif, (3) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif penilaian ahli dan pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi, (4) evaluasi. Hasil uji pengguna akhir terhadap multimedia pembelajaran interaktif diketahui bahwa pada uji pengguna 1 siswa menyatakan bahwa multimedi pembelajaran interaktif “cukup layak”, 11 siswa menyatakan “layak”, dan 18 siswa menyatakan “sangat layak”. Hasil presentase ideal yang didapatkan sebesar 80,65 % dengan kategori “layak” digunakan sebagai multimedi pembelajaran interaktif.
Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, ADDIE, Instalasi Penerangan Listrik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Supported by:
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.