UJI KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK NASIONAL BERBAH

Authors

  • Ginti Ismayana Serang Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13264

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) melakukan perancangan dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana, (2) mengetahui unjuk kerja multimedia pembelajaran interaktif, (3) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif penilaian ahli dan pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi, (4) evaluasi. Hasil uji pengguna akhir terhadap multimedia pembelajaran interaktif diketahui bahwa pada uji pengguna 1 siswa menyatakan bahwa multimedi pembelajaran interaktif "cukup layak", 11 siswa menyatakan "layak", dan 18 siswa menyatakan "sangat layak". Hasil presentase ideal yang didapatkan sebesar 80,65 % dengan kategori "layak"  digunakan sebagai multimedi pembelajaran interaktif.

 

Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, ADDIE, Instalasi Penerangan Listrik

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

[1]
Serang, G.I. 2017. UJI KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK NASIONAL BERBAH. Jurnal Edukasi Elektro. 1, 1 (Aug. 2017). DOI:https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13264.