Management Implementation Project Strengthening the Profile of Pancasila Students (P5) at SMAS Muhammadiyah Toboali
Fitri Nur Mahmudah, Ahmad Dahlan University, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 123.
Anggraini, D., & Anisa, N. (2023). Implementasi Program P5Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMAN 2 Bengkalis. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(1), 163–174.
Anienda, M., Fitriyah, T., & Permatasari, N. A. (2019). Anti-Corruption Behavior Education for Children to Prevent Corruption as Extraordinary Crime in the City of Surabaya. 2019, 75–83. https://doi.org/10.11594/nstp.2019.0411
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
BSKAP. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Budiono, A. N. (2023). Analisis Persepsi Komite Pembelajaran dan Praktik Baik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 5(2), 5340–5352. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1278
Darwisyah, D., Imron Rosadi, K., & Ali, H. (2021). Berfikir Kesisteman Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 225–237. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.444
Elistanto, R., Santosa, A. B., & Mahmudah, F. N. (2020). Evaluasi Efektivitas Manajemen Pembelajaran Guru Produktif Otomotif SMK. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 101. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1183
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193
Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2260
Fery, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Sistem Manajemen Boarding School Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Implementasi Project Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) Di SMSA Al Mumtaz Kota Solok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8845–8856.
Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307
Hafidin. (2019). Peran Sertta Orang Tua dan Masyarakat dalam Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Al-Muta’allayh, 4(1), 35–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Handayani, I. P., & Hasrul, H. (2021). Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.42455
Indrawati, M., Prihadi, C., & Siantoro, A. (2020). The Covid-19 Pandemic Impact on Children’s Education in Disadvantaged and Rural Area Across Indonesia. International Journal of Education (IJE), 8(4), 19–33. https://doi.org/10.5121/ije.2020.8403
Isa, Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam menerapkan Peraturan-Peraturan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 9947–9957. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2596
Kemendikbudristek. (2020). Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi. Kemendikbudristek. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/dorong-pemulihan-pembelajaran-di-masa-pandemi-kurikulum-nasional-siapkan-tiga-opsi
Kemendikbudristek. (2022a). Buku Saku Platform Merdeka Mengajar. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kemendikbudristek. (2022b). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).
Kim, Y., Lee, Y. H., Lee, H., & Lim, S. M. (2022). Alignment of Concepts of Meiosis Among Curriculum, Textbooks, Classroom Teaching and Assessment in Upper Secondary School in Republic of Korea. Journal of Baltic Science Education, 21(2), 232–244. https://doi.org/10.33225/jbse/22.21.232
Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas. Ti Versi 8. UAD PRESS.
Mann, G., & Gilmore, L. (2021). Barriers to positive parent-teacher partnerships: the views of parents and teachers in an inclusive education context. International Journal of Inclusive Education, 1–13. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1900426
Munandar, A., Evasari, D. A., & Jatmiko, U. (2022). Pengaruh Pembagian Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMP Queen Al-Falah Ploso Mojo. Jurnal Mahasiswa Manajemen UNITA, 1(1), 99–108.
Prastowo, A. (2018). Perubahan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI di Indonesia: Dari KTSP Menuju Kurikulum 2013. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(01), 36–52.
Puslitjak. (2020). Risalah kebijakan mengatasi resiko belajar dari rumah.
Putri, T. S., Rery, U., & Agustina. (2023). Kegiatan P5 Guna Mengatasi Learning LossDalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasidi Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 10–16.
Qoiriyah, S. (2023). MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (STUDI KASUS SMAN 1 BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR). Universitas Negeri Jakarta.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Ramadina, E. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic Islam Nusantara, 7(2), 131–142.
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., & ... (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal …, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Robi, M., Illiyin, & Khabibah, T. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri dalam P5 Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas X SMA Negeri 1 Parung. 2(2), 30–34.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.
Shofiyah, H., Nadlifah, N., & Purnama, S. (2020). Kemitraan Guru dan Orang Tua dalam Menangani Anak yang Masih Ditunggu pada Jam Belajar. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.10
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796
Suyatmini, Sarjono, Y., Asmawati, T., & Rohmah, W. (2019). The development of accounting learning management on curriculum 2013 based on lesson study at vocational school in surakarta city, central java, indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(4), 214–222. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7427
Tanjung, A. M., Siregar, B., Karim, A., & ... (2022). Pengaruh Perencanaan dan Pengorganisasian Terhadap Kinerja Guru. Al-Mada: Jurnal …, 5(4), 514–524. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/almada/article/view/2781%0Ahttps://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/almada/article/download/2781/1059
Thipatdee, G. (2020). The Development of English Competency-Based Curriculum Integrated with Local Community for High School Students. Journal of Education and Learning, 10(1), 39. https://doi.org/10.5539/jel.v10n1p39
Thoriq, A., & Mahmudah, F. N. (2023). EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) : A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ON CURRICULUM. European Journal of Education Studies, 10(5), 201–223. https://doi.org/10.46827/ejes.v10i5.4803
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. 8, 696–703.
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Dini Prastanti, N. P. (2023). Implementasi Metode Star Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.15621
Yuliani. (2022). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. ADIBA: Journal Of Education, 2(2), 215–230.
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v12i1.70697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |