Evaluasi Kampus Mengajar: Studi Kasus Konversi SKS di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Authors

  • Aris Suharyadi Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-8530-1974
  • Hafizh Khasyi Al Farizi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nadia Sukma Damayanti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhammad Naufal Hafizh Setyawan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.69558

Keywords:

evaluasi, program, MKBKM, kampus mengajar, konversi SKS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses konversi SKS program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kegiatan Kampus Mengajar (KM) pada jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNY, permasalahan, dan solusinya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti memiliki peran sebagai instrumen penelitian utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus yang digunakan untuk mengkaji dan mencari informasi secara mendalam tentang akar penyebab permasalahan konversi. Hasilnya adalah konversi program kampus mengajar di Jurusan Administrasi Pendidikan melibatkan ketua dan sekretaris jurusan, dekanat FIP UNY, dosen pengampu mata kuliah jurusan, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNY. Terdapat dua cara dilakukan oleh mahasiswa untuk mengonversi hasil program kampus mengajar, pertama adalah mahasiswa mengikuti program kampus mengajar bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan KKN-PK, cara kedua mahasiswa menggunakan slot SKS yang memang disediakan oleh kurikulum untuk mahasiswa berpartisipasi dalam program MBKM, termasuk kampus mengajar. Solusinya adalah, pertama yaitu memperjelas alur komunikasi dan koordinasi antara mahasiswa dan jurusan. Kedua adalah pembuatan SOP yang secara spesifik membahas mengenai prosedur pelaksanaan program kampus mengajar terlebih dalam hal konversi atau ekuivalensi SKS.  

Author Biography

Aris Suharyadi, Universitas Negeri Yogyakarta

References

Abdillah, F. (2020). Manajemen organisasi pendidikan kejuruan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Aswita, D. (2022). Merdeka belajar kampus merdeka (mbkm): inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2). https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Crossman, A. (2020). Purposive sampling - definition and types. In Thoughtco.

Fauzi, F., Iba, Z., & Sutoyo, S. (2021). Implementasi manajemen komunikasi dalam organisasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 10(2). https://doi.org/10.37598/jimma.v10i2.896

Fauziah. (2020). Step by step lancar membuat SOP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi penerapan literasi dan numerasi pada pelaksanaan kampus mengajar angkatan 3 di sdn 1 kedungkumpul, sukorame, kabupaten lamongan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4879

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan i program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Indahningrum, M., Soepardjo, D., & Roni, R. (2021). Non-verbal communication on imperative speech in japanese and indonesian. J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Budaya Jepang, 3(2). https://doi.org/10.20884/1.jlitera.2021.3.2.4587

KemenPAN-RB RI. (2012). Pedoman penyusunan standar operasional prosedur administrasi pemerintahan. In PERMENPAN Nomor 35 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Kuswarno, E. (2001). Efektivitas komunikasi organisasi. mediator: Jurnal Komunikasi, 2(1).

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1).

Muhammad Hilmi, Fadila Nurul Mustaqimah, & M Nurul Ikhsan Saleh. (2022). Tantangan dan solusi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 2 di yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 4(2). https://doi.org/10.20885/tullab.vol4.iss2.art10

Munawar, W., Amin, M., Kurnia, T., Alhifni, A., & Akbar, A. (2021). Strategi peningkatan intensi mahasiswa ekonomi syariah dalam partisipasi program merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Syarikah, 7(2).

Naderifar, M., Goli, H., & Ghaljaie, F. (2017). Snowball sampling: a purposeful method of sampling in qualitative research. Strides in Development of Medical Education, 14(3). https://doi.org/10.5812/sdme.67670

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi sdn 48 bengkulu tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning.

Permenpan. (2008). Pedoman penyusunan standar operasional prosedur. In Permenpan Nomor 21 tahun 2008 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (Vol. 6, Issue 11).

Phelan, S. (2011). Case study research: design and methods. Evaluation & Research in Education, 24(3). https://doi.org/10.1080/09500790.2011.582317

Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). Pentingnya peranan komunikasi dalam organisasi: lisan, non verbal, dan tertulis (literature review manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817

Rifa'i, M. (2019). Manajemen organisasi pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53.

Rifka. (2017). Step by step lancar membuat SOP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya'bani, N. P. (2022). Administrasi dalam program kampus mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(2).

Sugiono. (2013). Metode penelitian kualitatif sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif, 5(January).

Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The impact of "kampus mengajar mbkm program" on students' social skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(3). https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Syafaruddin. (2015). Manajemen organisasi pendidikan (Perspektif Sains dan Islam). In The Journal of Higher Education (Vol. 60, Issue 5).

Tahalele, O. (2022). Efektivitas komunikasi organisasi pada organisasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas pattimura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(5).

Tongco, M. D. C. (2007). Purposive sampling as a tool for informant selection. Ethnobotany Research and Applications, 5. https://doi.org/10.17348/era.5.0.147-158

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5). https://doi.org/10.1177/109634809702100108

Zainuri. (2021). Konsep dasar, fungsi dan ruang lingkup administrasi pendidikan. Repository UNPI, 3

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Suharyadi, A., Al Farizi, H. K., Damayanti, N. S., & Hafizh Setyawan, M. N. (2023). Evaluasi Kampus Mengajar: Studi Kasus Konversi SKS di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 81–91. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.69558

Issue

Section

Articles