Evaluasi Kampus Mengajar: Studi Kasus Konversi SKS di Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Hafizh Khasyi Al Farizi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nadia Sukma Damayanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Naufal Hafizh Setyawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses konversi SKS program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kegiatan Kampus Mengajar (KM) pada jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNY, permasalahan, dan solusinya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti memiliki peran sebagai instrumen penelitian utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus yang digunakan untuk mengkaji dan mencari informasi secara mendalam tentang akar penyebab permasalahan konversi. Hasilnya adalah konversi program kampus mengajar di Jurusan Administrasi Pendidikan melibatkan ketua dan sekretaris jurusan, dekanat FIP UNY, dosen pengampu mata kuliah jurusan, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNY. Terdapat dua cara dilakukan oleh mahasiswa untuk mengonversi hasil program kampus mengajar, pertama adalah mahasiswa mengikuti program kampus mengajar bersamaan dengan berlangsungnya kegiatan KKN-PK, cara kedua mahasiswa menggunakan slot SKS yang memang disediakan oleh kurikulum untuk mahasiswa berpartisipasi dalam program MBKM, termasuk kampus mengajar. Solusinya adalah, pertama yaitu memperjelas alur komunikasi dan koordinasi antara mahasiswa dan jurusan. Kedua adalah pembuatan SOP yang secara spesifik membahas mengenai prosedur pelaksanaan program kampus mengajar terlebih dalam hal konversi atau ekuivalensi SKS.
Keywords
References
Abdillah, F. (2020). Manajemen organisasi pendidikan kejuruan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Aswita, D. (2022). Merdeka belajar kampus merdeka (mbkm): inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2). https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747
Crossman, A. (2020). Purposive sampling - definition and types. In Thoughtco.
Fauzi, F., Iba, Z., & Sutoyo, S. (2021). Implementasi manajemen komunikasi dalam organisasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 10(2). https://doi.org/10.37598/jimma.v10i2.896
Fauziah. (2020). Step by step lancar membuat SOP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi penerapan literasi dan numerasi pada pelaksanaan kampus mengajar angkatan 3 di sdn 1 kedungkumpul, sukorame, kabupaten lamongan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4879
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan i program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339
Indahningrum, M., Soepardjo, D., & Roni, R. (2021). Non-verbal communication on imperative speech in japanese and indonesian. J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Budaya Jepang, 3(2). https://doi.org/10.20884/1.jlitera.2021.3.2.4587
KemenPAN-RB RI. (2012). Pedoman penyusunan standar operasional prosedur administrasi pemerintahan. In PERMENPAN Nomor 35 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.
Kuswarno, E. (2001). Efektivitas komunikasi organisasi. mediator: Jurnal Komunikasi, 2(1).
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1).
Muhammad Hilmi, Fadila Nurul Mustaqimah, & M Nurul Ikhsan Saleh. (2022). Tantangan dan solusi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 2 di yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 4(2). https://doi.org/10.20885/tullab.vol4.iss2.art10
Munawar, W., Amin, M., Kurnia, T., Alhifni, A., & Akbar, A. (2021). Strategi peningkatan intensi mahasiswa ekonomi syariah dalam partisipasi program merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Syarikah, 7(2).
Naderifar, M., Goli, H., & Ghaljaie, F. (2017). Snowball sampling: a purposeful method of sampling in qualitative research. Strides in Development of Medical Education, 14(3). https://doi.org/10.5812/sdme.67670
Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi sdn 48 bengkulu tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning.
Permenpan. (2008). Pedoman penyusunan standar operasional prosedur. In Permenpan Nomor 21 tahun 2008 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (Vol. 6, Issue 11).
Phelan, S. (2011). Case study research: design and methods. Evaluation & Research in Education, 24(3). https://doi.org/10.1080/09500790.2011.582317
Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). Pentingnya peranan komunikasi dalam organisasi: lisan, non verbal, dan tertulis (literature review manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817
Rifa’i, M. (2019). Manajemen organisasi pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53.
Rifka. (2017). Step by step lancar membuat SOP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Administrasi dalam program kampus mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(2).
Sugiono. (2013). Metode penelitian kualitatif sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif, 5(January).
Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The impact of “kampus mengajar mbkm program” on students’ social skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(3). https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23
Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Syafaruddin. (2015). Manajemen organisasi pendidikan (Perspektif Sains dan Islam). In The Journal of Higher Education (Vol. 60, Issue 5).
Tahalele, O. (2022). Efektivitas komunikasi organisasi pada organisasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas pattimura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(5).
Tongco, M. D. C. (2007). Purposive sampling as a tool for informant selection. Ethnobotany Research and Applications, 5. https://doi.org/10.17348/era.5.0.147-158
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5). https://doi.org/10.1177/109634809702100108
Zainuri. (2021). Konsep dasar, fungsi dan ruang lingkup administrasi pendidikan. Repository UNPI, 3
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.69558
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |