Implementasi Strategi Pelayanan, Penampilan, Prestasi dalam meningkatkan jumlah Peserta Didik di Sekolah-sekolah Yayasan Mardi Wiyata

Aljuprianus Susar, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Yohanes Laga Payong, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Achmad Supriyanto, , Indonesia
Mustiningsih Mustiningsih,

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengkaji implementasi strategi penampilan, pelayanan, prestasi dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru. Penelitian ini akan dikaji dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara sengaja karena memiliki peran langsung. Pengumpulan informasi dilakukan melalui metode wawancara, pengamatan, dan pencatatan dokumen. Metode menganalisis data dilakukan melalui deskriptif-kualitatif kemudian penarikan kesimpulan. Kualitas penampilan fasilitas sekolah yang baik, bersih, terawat mendukung pembelajaran, kesejahteraan siswa, dan citra positif sekolah. Selain itu, memberikan layanan pendidikan yang terbaik bagi siswa melalui pembelajaran, program kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif, dan pembiasaan karakter serta melayani kebutuhan setiap anak yang membutuhkan perhatian khusus. Prestasi belajar diperoleh dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif, disiplin, menggunakan teknologi secara efektif. Sekolah membangun komunikasi secara teratur dengan orang tua, melibatkan mereka dalam proses pembelajaran. Alat ukur yang efektif untuk melakukan pemantauan, kinerja siswa secara teratur, seperti tes standar, tes di kelas, dan penilaian formatif, dan mendesain kurikulum yang adaptif sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Keywords


Education Management, Appearance, Service, Performance, Strategy

References


Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107-130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392

Muhamat, B. (2023). Manajemen Stratejik Daya Tarik Sekolah (Issue July). PT Arr rad Pratama, IAINU Kebumen Press

Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59-76. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i1.298

Brand, R., & Ekkekakis, P. (2018). Affective–Reflective Theory of Physical Inactivity and Exercise: Foundations and Preliminary Evidence. German Journal of Exercise and Sport Research, 48(1), 48-58. https://doi.org/10.1007/s12662-017-0477-9

Rue, L. W., & Holland, & Phyllis G. (1989). Strategic Management: Concepts and Experiences (2nd ed.). Pennsylvania State University.

Isroani, F., & Huda, M. (2022). Strengthening Character Education through Holistic Learning Values. Quality, 10(2), 289. https://doi.org/10.21043/quality.v10i2.17054

Malik, A., Abarini, M., Yusuf, A., Ilyas, I., & Mu’arifuddin, M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Pelatihan Social Media Officer menuju Desa Mandiri di Desa Kalongan Kabupaten Semarang. Jurnal Implementasi, 1(2), 214-219.

Sari, T. N., & Prasetya, M. N. (2020). Dapatkah Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru dan Kualitas Pelayanan Pendidikan Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 87-97. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4399

Sugiyono, P. D., Lestari, P., & Sunarto. (2021). Metode Penelitian Komunikasi : Kuantitatif, Kualitatif, Analisis Teks, Cara Menulis Artikel untuk Jurnal Nasional dan Internasional. CV Alfabeta

Susar, A., Arifin, I., Imron, A., & Mustiningsih, M. (2023). Impact of Principal Leadership on Private Teacher Burnout in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 2023(105), 37-51. https://doi.org/10.14689/ejer.2023.105.003

Susar, A., Dasrimin, H., Selan, D. R. E., Waluwandja, P. A., Selan, D. D., & Dami, Z. A. (2022). Strategic Planning in Developing Schools Based on SWOT Analysis: A Case Study in Santa Maria Monte High School Carmelo Maumere. International Journal of Social Science Research and Review, 5(12), 666–676. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i12.849

Usup, U., Utami, D., & Mardani, D. (2023). Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Bogor. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 257-269. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1123

Yanuarti, E., Purnama, D., & Hs, S. (2020). Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural (Indonesia, Amerika, Kanada, Inggris). Jurnal IAIN Bengkulu, 19(1), 46-65. https://doi.org/10.29300/ATTALIM.V19I1.2202




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v12i1.67712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats