Implementasi Strategi Pelayanan, Penampilan, Prestasi dalam meningkatkan jumlah Peserta Didik di Sekolah-sekolah Yayasan Mardi Wiyata
DOI:
https://doi.org/10.21831/jamp.v12i1.67712Keywords:
Education Management, Appearance, Service, Performance, StrategyAbstract
Tujuan penelitian untuk mengkaji implementasi strategi penampilan, pelayanan, prestasi dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru. Penelitian ini akan dikaji dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara sengaja karena memiliki peran langsung. Pengumpulan informasi dilakukan melalui metode wawancara, pengamatan, dan pencatatan dokumen. Metode menganalisis data dilakukan melalui deskriptif-kualitatif kemudian penarikan kesimpulan. Kualitas penampilan fasilitas sekolah yang baik, bersih, terawat mendukung pembelajaran, kesejahteraan siswa, dan citra positif sekolah. Selain itu, memberikan layanan pendidikan yang terbaik bagi siswa melalui pembelajaran, program kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif, dan pembiasaan karakter serta melayani kebutuhan setiap anak yang membutuhkan perhatian khusus. Prestasi belajar diperoleh dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif, disiplin, menggunakan teknologi secara efektif. Sekolah membangun komunikasi secara teratur dengan orang tua, melibatkan mereka dalam proses pembelajaran. Alat ukur yang efektif untuk melakukan pemantauan, kinerja siswa secara teratur, seperti tes standar, tes di kelas, dan penilaian formatif, dan mendesain kurikulum yang adaptif sesuai dengan kemampuan peserta didik.References
Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2022). Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107-130. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.392
Muhamat, B. (2023). Manajemen Stratejik Daya Tarik Sekolah (Issue July). PT Arr rad Pratama, IAINU Kebumen Press
Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59-76. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i1.298
Brand, R., & Ekkekakis, P. (2018). Affective–Reflective Theory of Physical Inactivity and Exercise: Foundations and Preliminary Evidence. German Journal of Exercise and Sport Research, 48(1), 48-58. https://doi.org/10.1007/s12662-017-0477-9
Rue, L. W., & Holland, & Phyllis G. (1989). Strategic Management: Concepts and Experiences (2nd ed.). Pennsylvania State University.
Isroani, F., & Huda, M. (2022). Strengthening Character Education through Holistic Learning Values. Quality, 10(2), 289. https://doi.org/10.21043/quality.v10i2.17054
Malik, A., Abarini, M., Yusuf, A., Ilyas, I., & Mu'arifuddin, M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Pelatihan Social Media Officer menuju Desa Mandiri di Desa Kalongan Kabupaten Semarang. Jurnal Implementasi, 1(2), 214-219.
Sari, T. N., & Prasetya, M. N. (2020). Dapatkah Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru dan Kualitas Pelayanan Pendidikan Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 87-97. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4399
Sugiyono, P. D., Lestari, P., & Sunarto. (2021). Metode Penelitian Komunikasi : Kuantitatif, Kualitatif, Analisis Teks, Cara Menulis Artikel untuk Jurnal Nasional dan Internasional. CV Alfabeta
Susar, A., Arifin, I., Imron, A., & Mustiningsih, M. (2023). Impact of Principal Leadership on Private Teacher Burnout in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 2023(105), 37-51. https://doi.org/10.14689/ejer.2023.105.003
Susar, A., Dasrimin, H., Selan, D. R. E., Waluwandja, P. A., Selan, D. D., & Dami, Z. A. (2022). Strategic Planning in Developing Schools Based on SWOT Analysis: A Case Study in Santa Maria Monte High School Carmelo Maumere. International Journal of Social Science Research and Review, 5(12), 666–676. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i12.849
Usup, U., Utami, D., & Mardani, D. (2023). Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Bogor. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 257-269. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1123
Yanuarti, E., Purnama, D., & Hs, S. (2020). Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural (Indonesia, Amerika, Kanada, Inggris). Jurnal IAIN Bengkulu, 19(1), 46-65. https://doi.org/10.29300/ATTALIM.V19I1.2202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.