Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SD Athalia dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product)
Lusiana Idawati, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Indah Tri, & Nafiah. (2019). "Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya." Education and Human Development Journal, 4(2), 21-31. doi: https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1122 .
Christiani, Y. (2018). Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1).
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234. doi:10.21831/jpe.v2i2.2721
Darodjat, & Wahyudhiana M. (2015, Maret). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, XIV(1), 1-28. doi:10.30595/islamadina.v0i0.1665
Faiz, Aiman, Bukhori Soleh, Imas Kurniawaty, & Purwati. (2021). "Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia." Jurnal Basicedu, 5(4), 1766-1777. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014
Farihi, Ahmad, Een Veny Verawaty, Fitriyah, & Muhammad Ryan Saputra. (2022). "Pentingnya Pendidikan Karakter di Kalangan Remaja." Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(1), 47-53. Retrieved from: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/19444/pdf
Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2020, November). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1).
FKKMK-UGM. Universitas Gajah Mada Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. Maret 14, 2018. https://fkkmk.ugm.ac.id/kekerasan-remaja-indonesia-mencapai-50-persen/ (diakses 30 Oktober 2022).
Gultom, R., Panjaitan, B., & Simorangkir, J. (2023). relationship of parental exemplary with christian character: a literature review. The International Journal of Social Sciences World, 5(1), 308-316. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.7925693
Ichsan, Santosa, T. A., Ilwandri, Sofianora, A., & Yastanti, U. (2023). Efektivitas Evaluasi Model CIPP Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 2423-2430. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13435
Institute in Basic Life Principles. (2001). The Power of True Success: How to Build Character in Your Life. Illinois: Institute in Basic Life Principles, Inc.
Jadid, S., & Widodo, H. (2023). Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakel Plus Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 82-90. doi:10.21831/jpka.v14i1.53206
Labobar, Kresbinol. (2022). "Christian Family Role in Implementing Christian Education in Family Context to Christian Character Building." International Journal of Humanities and Innovation, 5(3), 110-115. doi: https://doi.org/10.33750/ijhi.v5i3.157
Lickona, Thomas. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346-355. doi:10.31004/obsesi.v3i2.200
Marsakha, A. T., Hariri, H., & Sowiyah, S. (2021, Juli-Desember). Management of Character Education in School: A Literature Review. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 185-194. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/5185
Ngundjurawa, Y. N., & Arifin, S. S. (2021, Mei). Tinjauan Etika Kristen: Peran Guru Sebagai Penuntun dalam Pembentukan Karakter Siswa Generasi Milenial. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(2), 138-150. doi:http://dx.doi.org/10.19166/dil.v3i2.3193
Putra, A. T., Zarita, R., & Nurhafidah, N. (2021, Desember). Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(2), 20-35. doi:http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.3459
Rahmawati, S., & Wardani, S. (2021, Desember). Penguatan Karakter Moral Siswa Berbasis Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 83-95. doi:https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.5551
Retnowati, A. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Siswa SMP. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 76-84. doi:https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3591
Sangadji, K. (2014). Model CIPP untuk Evaluasi Pengembangan KTSP pada Jenjang Pendidikan Persekolahan. BIOSEL: BIOLOGI SCIENCE AND EDUCATION, 3(1), 79-88. doi:http://dx.doi.org/10.33477/bs.v3i1.512
Sarmini, & Prasetya, K. (2016). Model Pendidikan Karakter untuk Membangun Integritas Civitas Akademika Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unesa University Press.
Setyawan, D. (2017, Januari 21). KPAI Nilai Kenakalan Anak karena Kurangnya Pengasuhan Anak. Retrieved Juli 25, 2023, from KPAI: https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-nilai-kenakalan-anak-karena-kurangnya-pengasuhan-anak-2
Stevanus, K. (2018). Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 79-95. doi:https://doi.org/10.34307/b.v1i1.21
Stufflebeam, Daniel L., & Guili Zhang. (2017). The CIPP Evaluation Model. New York: The Guilford Press.
Sun'an, U. N., Supriyadi, S., Ridlo, S., & Lestari, W. (2023). Literature Review: Pentingnya Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 851-857). Universitas Negeri Semarang. Retrieved from http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Tandana, E., Yowa, E. K., & Manik, N. D. (2022). Character Education in Forming Student Behavior: A Viewpoint of Christian Religious Education Learning. Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 161-176.
Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Idrus, S. W., Paraniti, A. A., & Nugraha, I. N. (2022). Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-7232. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3428
Woenardi, T. N., Supratno, H., & Mudjito. (2022). Management of Christian Character Education Curriculum Based on Dormitory Abdi-Allah Theological College Trawas-Mojokerto. Studies in Learning and Teaching, 3(1), 74-96.
Yang, Ferry. (2018). Pendidikan Kristen. Surabaya: Momentum.
Zakso, Amrazi, Iskandar Agung, Etty Sofyatiningrum, & M. Calvin Capnary. (2022). "Factors Affecting Character Education in the Development of the Profile of Pancasila Students: The Case of Indonesia." Journal of Positive School Psychology, 6(2), 2254-2273. Retrieved from: https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/1804
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.65007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |