Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembinaan MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali terkait dengan kinerja dalam pelaksanaan tugas, fungsi MGMP, dan kesesuaiannya dengan rambu-rambu KKG dan MGMP dari Direktorat Jendral Pendidikan. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Hasil penelitian: (1) profil MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali sudah sesuai dengan rambu-rambu KKG dan MGMP dengan pengembangan pada sisi tugas pokok dan fungsi MGMP, (2) kinerja MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali belum efektif. (3) hambatan MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali, yakni: pertama, hambatan internal: jadwal rapat sering berubah, keterlambatan anggota dalam mengahdiri rapat. Kedua, hambatan eksternal, berasal dari sekolah anggota MGMP, yakni: perijinan yang sulit bagi anggota oleh kepala sekolah untuk megikuti rapat. (4) model pembinaan yang terdiri dari dua model yaitu pembinaan untuk mengatasi permasalahan di organisasi MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali provinsi Jawa Tengah, dan pembinaan dari dalam dan dari luar organisasi MGMP Ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali, dan pembinaan organisai MGMP di kabupaten Kampar provinsi Riau yang digambarkan dalam flowcart.