Pelaksanaan observasi supervisi klinis pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama
Rini Dwi Ernawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acheson, K.A. & Gall, M. D. (2003). Clinical Supervision and Teacher Development: Preservice and Inservice Applications. USA: John Wiley and Sons.
Aedi, N. (2014). Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Andani, Y. S. B., Yulianto, A., & Murwatiningsih, M. (2017). Model Supervisi Klinis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menigkatkan Kinerja Guru Produktif di SMKN 1 Kota Bima. Educational Management, 6(2), 163-169.
Amir, A., & Hajar, A. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 90-106.
Ampofo, S. Y., Onyango, G. A., & Ogola, M. (2019). Influence of School Heads' Direct Supervision on Teacher Role Performance in Public Senior High Schools, Central Region, Ghana. IAFOR Journal of Education. 7(2). 9-26. Diakses tanggal 28 Oktober 2021 di https://eric.ed.gov/?id=EJ1236226
Arikunto, S. & Yuliana, L. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Asf, J & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Astuti, A. (2019). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 144-157.
Bafadal, I. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-28.
Bruns, B., Mingat, A., & Rakotomalala, R. (2003). Acheiving Universal Primary Education by 2015: A Chance for Every Child. Washington, DC: The World Bank
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), 33-42.
Fathurrohman, P. & Suryana, A. (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.
Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109-128.
Fernandez, R. M. (2013). Teachers’ Competence and learners’ performance in the Alternative learning system towards an enriched instructional program. International Journal of Information Technology and Business Management, 22 (1). 33-46.
Firdaus, A. A. Et. al (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia: antara Idealisme dan Realitas. Yogyakarta: UAD Press.
Haryati, N. (2020). Metamorfosis Supervisi Pendidikan Di Masa Pandemi COVID-19. Dalam Jamaludin A, dkk., Belajar Dari COVID-19 Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum Kebijakan & Pendidikan. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Laksmi, J. N. A. (2021). Implementasi Supervisi Klinis di SD Negeri Ujung-Ujung 01 Kabupaten Semarang. Satya Widya, 37(2), 141-152.
Lestari, I. D. (2019). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Ganesa Satria Depok. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 129-134.
Miles, M.B. & Huberman, A.M. (2014). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Prabandari, D. A., Supriyanto, A., Sobri, A. Y., & Fadhli, R. (2021). Strategi Humas Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 179-191.
Prasojo, L. D. & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Purwanto, M. N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.
Sahertian, P. A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, S. I., Ngaba, A. L., Lalupanda, E. M., & Aji, A. G. P. (2017). Pengendalian Dan Penjaminan Mutu Pengajaran Melalui Supervisi Klinis. Satya Widya, 33(1), 1-10.
Siregar, A. K. (2016). Pelaksanaan supervisi klinis dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di smp al-falah deltasari sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(2).
Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2231-2235.
Yuliana, L. (2007). Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Kematangan Profesional Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. (2). 63-71. Diakses tanggal 24 Oktober 2021 di https://media.neliti.com/media/publications/114187-ID-peranan-kepalasekolah-sebagai-supervisor.pdf
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.46116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |