Pelaksanaan observasi supervisi klinis pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama

Lia Yuliana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rini Dwi Ernawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Untuk menjaga kualitas proses pendidikan, khususnya pada masa pandemi yang beralih ke pembelajaran daring, supervisi klinis perlu dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian ini akan mendeskripsikan serta menganalisis implementasi observasi kelas/pembelajaran dalam konteks supervisi klinis saat masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berfokus di SMP Negeri 1 Bantul. Informan pada penelitian ini terdiri atas kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara kepada informan serta studi dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Sedangkan, teknik analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan observasi supervisi klinis pada masa pandemi di SMP Negeri 1 Bantul menggunakan dua metode, yaitu secara langsung dan daring. Aspek yang diamati dalam observasi pembelajaran mengacu pada instrumen yang telah dibuat sesuai permasalahan yang dihadapi guru. Hasil observasi ini berguna untuk perbaikan pembelajaran.

Keywords


pelaksanaan observasi; supervisi klinis; pandemi; covid-19

Full Text:

PDF

References


Acheson, K.A. & Gall, M. D. (2003). Clinical Supervision and Teacher Development: Preservice and Inservice Applications. USA: John Wiley and Sons.

Aedi, N. (2014). Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Andani, Y. S. B., Yulianto, A., & Murwatiningsih, M. (2017). Model Supervisi Klinis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menigkatkan Kinerja Guru Produktif di SMKN 1 Kota Bima. Educational Management, 6(2), 163-169.

Amir, A., & Hajar, A. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 90-106.

Ampofo, S. Y., Onyango, G. A., & Ogola, M. (2019). Influence of School Heads' Direct Supervision on Teacher Role Performance in Public Senior High Schools, Central Region, Ghana. IAFOR Journal of Education. 7(2). 9-26. Diakses tanggal 28 Oktober 2021 di https://eric.ed.gov/?id=EJ1236226

Arikunto, S. & Yuliana, L. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Asf, J & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Astuti, A. (2019). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 144-157.

Bafadal, I. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-28.

Bruns, B., Mingat, A., & Rakotomalala, R. (2003). Acheiving Universal Primary Education by 2015: A Chance for Every Child. Washington, DC: The World Bank

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), 33-42.

Fathurrohman, P. & Suryana, A. (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.

Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109-128.

Fernandez, R. M. (2013). Teachers’ Competence and learners’ performance in the Alternative learning system towards an enriched instructional program. International Journal of Information Technology and Business Management, 22 (1). 33-46.

Firdaus, A. A. Et. al (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia: antara Idealisme dan Realitas. Yogyakarta: UAD Press.

Haryati, N. (2020). Metamorfosis Supervisi Pendidikan Di Masa Pandemi COVID-19. Dalam Jamaludin A, dkk., Belajar Dari COVID-19 Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum Kebijakan & Pendidikan. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Laksmi, J. N. A. (2021). Implementasi Supervisi Klinis di SD Negeri Ujung-Ujung 01 Kabupaten Semarang. Satya Widya, 37(2), 141-152.

Lestari, I. D. (2019). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Ganesa Satria Depok. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 129-134.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (2014). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Prabandari, D. A., Supriyanto, A., Sobri, A. Y., & Fadhli, R. (2021). Strategi Humas Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 179-191.

Prasojo, L. D. & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto, M. N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.

Sahertian, P. A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, S. I., Ngaba, A. L., Lalupanda, E. M., & Aji, A. G. P. (2017). Pengendalian Dan Penjaminan Mutu Pengajaran Melalui Supervisi Klinis. Satya Widya, 33(1), 1-10.

Siregar, A. K. (2016). Pelaksanaan supervisi klinis dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa di smp al-falah deltasari sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(2).

Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2231-2235.

Yuliana, L. (2007). Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Kematangan Profesional Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. (2). 63-71. Diakses tanggal 24 Oktober 2021 di https://media.neliti.com/media/publications/114187-ID-peranan-kepalasekolah-sebagai-supervisor.pdf




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.46116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats