Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional
Kisno Kisno, Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia, Indonesia
Abstract
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menetapkan Asesmen Nasional untuk mensubtitusi Ujian Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran sejauh mana guru-guru di sekolah dasar mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi Asesmen Nasional, khususnya pada komponen pengetahuan mereka akan literasi membaca. Sebanyak 23 guru tersertifikasi maupun non sertifikasi dilibatkan sebagai responden. Para guru tersebut mengajar peserta didik mulai dari kelas I hingga kelas VI. Rancangan penelitian menggunakan rancangan pendekatan campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Guru diminta untuk menjawab soal literasi membaca dan merancang soal literasi membaca mulai dari mode LOTS hingga HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% guru mampu menjawab soal literasi membaca yang terdiri dari teks informasi dan teks fiksi. Guru tidak mengalami masalah dalam menyusun soal kategori LOTS, namun guru mengalami kesulitan dalam merancang soal HOTS. Kesulitan yang ditemukan adalah guru belum mampu menyusun stimulan soal secara kohesif dan koheren. Selain itu, 70% soal rancangan guru belum mencerminkan rumusan instruksi soal dengan baik sehingga menimbulkan keambiguan bagi peserta didik yang akan menyelesaikan soal-soal tersebut. Dengan demikian, sekolah menerapkan strategi penanganan khusus dengan menyelenggarakan lokakarya internal yang ditindaklanjuti dengan supervisi, monitoring, dan evaluasi secara berkala.
Abstract
Education and Culture Ministry announced Nasional Assessment to replace National Exam. This study purposes to depict elementary teachers’ readiness to face National Assessment, particularly in reading literacy. There were 23 teachers involved as the participants. They, either certified or non-certified, taught students from grade 1 to grade 6. The design of the study applied mixed approaches between qualitative and quantitative study. The participants were asked to answer reading-literacy questions and construct reading-literacy questions consisting both LOTS and HOTS levels. The result showed 70% teachers able to answer the questions consisting information and fiction texts. In other words, teachers found no problem in de-signing LOTS-based question, but they faced difficulty in constructing HOTS-based questions. These findings indicate teachers were not able to design cohesive and coherent texts. Besides, 70% of the questions did not meet the requirement of the well-structured instructions which led to ambiguity for students to solve the questions. Hence, the school management stipulated a special intervention by administering internal workshop followed up by supervision, monitoring, and evaluation carried out periodically.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, R. C., & Pearson, P. D. (1984). A schema-theoretic view of basic processes in reading. In P. D. Pearson (Ed.), Handbook of reading research (pp.255-291). Longman.
Aydemir, Z. I., Öztürk, E., & Horzum, M. B. (2013). The effect of reading from screen on the 5th grade elementary students' level of reading comprehension on informative and narrative type of texts. Educational Sciences: Theory & Practice, 13(4), 2272-2276. https://doi.org/10.12738/estp.2013.4.1294
Ayu, N. A., Suryanda, A., & Dewi, R. (2018). Hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan literasi Sains siswa SMA di Jakarta Timur. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 161-171. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2804
Central Connecticut State University. (2016). World's most literate nations ranked. CCSU News Release. Retrieved from https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data
Chanani, U. L., & Wibowo, U. B. (2019). A learning culture and continuous learning for a learning organization. International Conference on Meaningful Education ICMEd, 3(17), 591-598. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4686
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research methods in education (8th ed.). Routledge.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications, Inc.
Devega, E. (2016). Masyarakat Indonesia: Malas baca tapi cerewet di medsos. Kementerian Komunikasi dan Informatika. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi kinerja guru bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219-229. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p219-229
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019a). Panduan penilaian tes tertulis. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019b). Panduan penulisan soal HOTS. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020a). AKM dan Implikasinya dalam pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020b). Desain pengembangan soal AKM. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Gelar raker perdana, Kemendikbud dan DPR bahas program prioritas pendidikan 2021. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/01/gelar-raker-perdana-kemendikbud-dan-dpr-bahas-program-prioritas-pendidikan-2021
Kisno, K., Rokhyati, U., Fatimah, F. N., & Siregar, R. M. (2021a). Teachers’ misconception about national assessment and national examination. Ahmad Dahlan journal of English Studies, 8(1), 46-58. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/ADJES/article/view/20081
Kisno, K., Siregar, V. M. M., Sirait, S., & Winata, A. S. (2021b). Diseminasi Literacycloud untuk guru dan orangtua Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Patumbak Deli Serdang dalam masa pandemi Covid-19. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 11(1). 15-21. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.18997
Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61-71. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269
Melia, M. (2017). Analisis penggunaan konjungsi Bahasa Indonesia pada editorial surat kabar Tribun Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 281-293. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/676
Muta’ali, J. A. (2020). Opini masyarakat tentang asesmen nasional sebagai penganti ujian nasional. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ningsih, A. W., Shara, A. M., Andriani, D., & Kisno, K. (2021). Reading duration and financial literacy in Vocational High School Pematangsiantar. Jurnal Education and Development, 9(1), 577-583. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2288
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1), 172-179. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1568
Pardede, P. (2008). A review on reading theories and its implication to the teaching of reading. Retrieved from https://parlindunganpardede.wordpress.com/articles/language-teaching/a-review-on-reading-theories-and-its-implication-to-the-teaching-of-reading/
Permana, N. S. (2017). Peningkatan mutu tenaga pendidik dengan kompetensi dan sertifikasi guru. Studia Didaktika, 11(1), 1-8. Retrieved from http://103.20.188.221/index.php/studiadidaktika/article/view/513
Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). Pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah melalui partisipasi masyarakat di SMP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45-59. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9810
Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148-157. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259
Shara, A. M., Andriani, D., Ningsih, A. W., & Shinoda, K. (2020). Correlating reading literacy and writing literacy in Junior High School Pematangsiantar. Journal of English Education, 5(2), 72-85. https://doi.org/10.31327/jee.v5i2.1249
Sulak, S. E., & Güneş, F. (2017). The effects of teaching informative text through processual model on reading comprehension skills. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(2), 265-271. Retrieved from https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/338
Sulistyaningsih, L. S. (2008). Teori skema. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196012161986032-LILIS_ST._SULISTYANINGSIH/TEORI__SKEMA.pdf
Wahyuni, T. (2015). Sertifikasi guru tak jamin peningkatan mutu. CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150611154640-20-59410/sertifikasi-guru-tak-jamin-peningkatan-mutu
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.39260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |