Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul

Ahmad Nurdin Kholili, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
Syarief Fajaruddin, Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengkaji implementasi manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di SMP Al-Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin Kabupaten Gunungkidul; dan 2.) Menemukan formulasi alternatif manajemen strategik lembaga pendidikan Muhammadiyah dalam meningkatkan mutu sekolah di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif, dengan mengunakan metode observasi, interview dan dokumentasi terhadap dua lembaga pendidikan Muhammadiyah. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen strategik yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin melibatkan semua stakeholder. Sekolah terlebih dahulu merumuskan visi misi sekolah dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal lingkungan sekolah, dilanjutkan merumuskan tujuan dan target mutu sekolah diikuti dengan penentuan strategi yang akan digunakan oleh sekolah demi terealisasinya semua target mutu yang disepakati. Implementasi strategi yang dilakukan SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin dalam meningkatkan mutu sekolah adalah dengan menjabarkan dan melaksanakan semua strategi yang telah dirumuskan dalam bentuk kegiatan-kegiatan terprogram dan terukur. Evaluasi strategi yang digunakan SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin adalah melalui rapat formal maupun informal.

 

Abstract

The objective of the present study is to: 1.) Review the implementation of strategic management for the improvement of the Muhammadiyah educational institution quality in the context of Al-Mujahidin Junior High School and Muhammadiyah Junior High School Semin, the Regency of Gunungkidul; and 2.) Identify the alternative formula for the implementation of the strategic management within the Muhammadiyah educational institution quality toward the improvement of the school quality in the Regency of Gunungkidul. The nature of the study is qualitative research using observation, interview, and documentation with two Muhammadiyah educational institutions as the objects of the study. Throughout the data analysis, the technique that has been implemented is the data analysis technique proposed by Miles & Huberman under the following sequence: (1) data reduction; (2) data presentation; and (3) conclusions. The results of the study show that the implementation of strategic management by the Al-Mujahidin Junior High School and the Muhammadiyah Junior High School Semin has involved all stakeholders. The two Muhammadiyah educational institutions formulate the school vision and the school mission in the very first place with considerations toward the internal factors and the external factors of the school environment. Then, the two Muhammadiyah educational institutions proceed to the formulation of the objectives and the targets for the school quality followed by the definition of the school strategy in achieving all of the quality targets that have been formulated. Furthermore, the strategic management by the Al-Mujahidin Junior High School and the Muhammadiyah Junior High School Semin in improving the school quality is elaborating and implementing all strategies that have been formulated in the form of programmed and measured activities. The strategies will be evaluated by the Al-Mujahidin Junior High School and the Muhammadiyah Junior High School Semin through the mechanism of both formal and informal meetings.


Keywords


Muhammadiyah; mutu lembaga; manajemen strategik; institution quality; strategic management

Full Text:

PDF

References


Akdon, D. (2006). Manajemen strategik untuk manajemen pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Astuti, M., Saudi, M. H. M., & Sinaga, O. (2020). Marketing strategy planning based on positioning to improve the number of students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2).

Aziz, A. (2015). Peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1–13. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/2688/1972

Dakir, D. (2004). Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadji, A. (2008). Implementasi total quality management sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di MAN Model Yogyakarya. EL TARBAWI, 1(2), 181–200. doi:https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss2.art3

Fattah, N. (1999). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fullan, M. (1994). Symposium ‘94 on Restructuring Education, Sponsored by the California Center for Restructuring Schools.

Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen kompetensi guru dalam meningkatkan daya saing. Journal of Management in Education, 2(1), 10–19. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/2208/1/2208.pdf

Hamid, E. S., Sairin, S., & Nasir, M. S. (2005). Profesionalisme dan akuntabilitas amal usaha Muhammadiyah: Bidang ekonomi dan pendidikan. LPTP, PP Muhammadiyah.

Husna, A. (2019). Eclectic method (combined) in the implementation of expensive qiro’ah. El-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(1). Retrieved from http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/view/114/pdf

Ilyasin, M., & Nurhayati, N. (2012). Manajemen pendidikan Islam: Konstruksi teoritis dan praktis. Yogyakarta: Aditya Media Pub.

Kurniawan, D. (2017). Pengaruh profesionalisme guru agama terhadap pendidikan karakter siswa sekolah dasar Islam. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). doi:https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4273

Kurniyati, E. (2019). Implementasi konsep manajemen mutu pendidikan perpsektif pendidikan Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran & Pencerahan, 15(1). doi:http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1363

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. California: Sage.

Mulyana, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah konsep strategi dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen berbasis sekolah konsep strategi dan implikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mursidi, A. (2010). Pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. IAIN Walisongo.

Mursidi, A. (2013). Pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1). doi:https://doi.org/10.26877/jmp.v2i1.403

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen mutu sekolah: Strategi peningkatan mutu dan daya saing lembaga pendidikan Islam. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Najib, K. H., & Pardjono, P. (2019). Manajemen pengembangan kompetensi guru untuk implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri Pilot Project Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 50–61. doi:https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.9525

Nasir, M. (2013). Pengembangan kurikulum muatan lokal dalam konteks pendidikan Islam di madrasah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 1. doi:https://doi.org/10.24239/jsi.v10i1.12.1-18

Nasokah, N. (2015). Kompetensi profesionalisasi guru. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 14(1), 101–109. doi:https://doi.org/10.32699/mq.v14i1.908

Novalita, R. (2019). Perbandingan pendidikan negara Belgia dengan negara indonesia. Jurnal Spasial, 4(3), 75–84. doi:https://doi.org/10.22202/js.v4i3.2395

Qomar, M. (2013). Strategi pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rahayuningsih, R. S., Fajaruddin, S., & Manggalasari, L. C. (2018). The implementation of total quality management in vocational high schools. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 31–40. doi:https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.20

Rosado, C. (2004). Building your leadership team: value systems, memetics, and education a spiral dynamics approach. In ROSADO CONSULTING for Change in Human Systems.

Sagala, S. (2013). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saputra, T. H. A. (2017). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam (Studi multi kasus di MA Muhammadiyah dan SMK Muhammadiyah, Watulimo Trenggalek). IAIN Tulungagung.

Setyoningrum, M. U. (2018). Keefektifan implementasi sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001: 2008 di SMA Negeri Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 22. doi:https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.8971

Subarkah, M. A. (2017). Muhammadiyah dan amal usaha di bidang pendidikan. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran & Pencerahan, 13(2). doi:http://dx.doi.org/10.31000/rf.v13i2.302

Susanto, A., & Wibowo, U. B. (2017). Manajemen perubahan sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 135. doi:https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.15659

Umam, M. K. (2017). Strategi alternatif memajukan lembaga pendidikan Islam di pedesaan berbasis sekolah excellent perspektif kompetitif kotemporer. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 2, 769–776. Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/79

Zahra, D. N. (2019). Development of Islamic education curriculum model Curriculum 2013 (K13). AL-HAYAT: Journal of Islamic Education, 3(1), 38. doi:https://doi.org/10.35723/ajie.v3i1.50

Zamroni, Z. (2011). Dinamika peningkatan mutu. Jakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats