Madrasah berbasis pesantren: Potensi menuju reformasi model pendidikan unggul

Deny Setiawan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ibrahim Bafadal, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Achmad Supriyanto, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Syamsul Hadi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Artikel ini bertujuan mengakaji peluang dan tantangan pengembangan madrasah, khususnya yang berbasis pesantren. Artikel dibuat dengan meninjau dan mengumpulkan informasi dari berbagai referensi baik buku, artikel dan jurnal yang digunakan sebagai bahan dalam mempelajari dan menambah wawasan secara konseptual yang berhubungan dengan peluang dan tantangan pengembangan madrasah yang berbasis pesantren di era modern. Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan alternatif dan mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi lembaga pendidikan yang diperhitungkan dalam dinamika perubahan sosial. Namun demikian sebagai sebuah konsekuensi logis, madrasah harus melakukan upaya-upaya agar mampu mengembangakan setiap sektor dalam rangka mewujudkan tujuan organisasinya. Upaya pengembangan madrasah di pesantren harus bisa mewujudkan kriteria pendidikan unggulan yang akan melahirkan sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi yang dijiwai oleh nilai-nilai luhur keagamaan. Perwujudan madrasah sebagai institusi yang mampu memberikan pelayanan berupa pendidikan yang unggul, maka pesantren perlu diarahkan pemaduan antara keunggulan dalam bidang intelektual dan keterampilan dengan keunggulan dalam bidang pengetahuan keagamaan termasuk di dalamnya keunggulan dalam bidang kepribadian, keimanan dan ketaqwaan, dengan cara membuka diri dan akomodatif terhadap aspirasi dan tuntutan masyarakat serta mengaktualisasi komitmen dalam membangun pendidikan bermutu secara integral dalam seluruh proses pelaksanaan pendidikan melalui habituasi untuk mampu memahami realitas pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Abstract

This article aims to examine the opportunities and challenges of developing madrasah, especially those based on Islamic boarding schools (pesantren). Articles are made by reviewing and gathering information from various references both books, articles, and journals that are used as a material in learning and conceptually adding insight related to the opportunities and challenges of developing pesantren-based madrasah in the modern era. Madrasah is an alternative educational institution and has the same opportunity to become an educational institution that is taken into account in the dynamics of social change. However, as a logical consequence, madrasah must make efforts to be able to develop each sector in order to realize the goals of the organization. Madrasah's development efforts in Islamic boarding school must be able to realize the criteria of the superior education that will give birth to human resources who have the capability in mastering knowledge and technology that are imbued with religious noble values. The realization of madrasah as an institution that is able to provide services in the form of superior education, the Islamic boarding school needs to be directed towards the integration of intellectual and skill excellence in the field of religious knowledge including excellence in the fields of personality, faith, and devotion, by opening up and accommodating towards aspirations and demands of the community and actualizing commitments to build quality education in an integrated manner throughout the whole process of implementing education through habituation to be able to understand the reality of education in accordance with the development of science and technology.


Keywords


Madrasah; pendidikan unggulan; pesantren; madrasa; excellent education; Islamic boarding schools

Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2008). Pendidikan Islam transformatif. Yogyakarta: LkiS.

Azra, A. (2011). Paradigma baru pendidikan nasional, rekonstruksi dan demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Barizi, A. (2011). Pendidikan integratif, akar tradisi dan keilmuan pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.

Dawam, A., & Ta’arif, A. (2008). Manajemen madrasah berbasis pesantren. Jakarta: PT. Listafarika Putra.

Djamas, N. (2009). Dinamika pendidikan Islam di Indonesia pasca kemerdekaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fadjar, A. M., Zumar, D., & Dja'far, S. F. (1999). Reorientasi pendidikan Islam. Fajar Dunia.

Hanim, Z. (2018). Educational Management of Educational Institutions In Limitation’s State. International Journal of Scientific Research and Management, 6(6). doi:https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i6.el02

Kamaruddin, U. (2009). Landasan ilmu pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Maimun, A., & Fitri, A. Z. (2010). Madrasah unggulan, lembaga alternatif di era kompetitif. UIN Malang: Maliki Press.

MU YAPPI. (2008). Manajemen pengembangan pendidikan pesantren. Jakarta: Media Nusantara.

Muhaimin, M. (2011). Pemikiran dan aktualisasi pengembangan pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhsin, B., & Abdul, W. (2009). Pendidikan Islam kontemporer. Bandung: Refika Aditama.

Nasution, N. (2010). Manajemen mutu terpadu (total quality management). Bogor: Ghalis Indonesia.

Nurochim, N. (2016). Sekolah berbasis pesantren sebagai salah satu model pendidikan Islam dalam konsepsi perubahan sosial. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Pasal 3, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Qomar, M. (2018). Pesantren dan transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga.

Rahim, H. (2001). Arah baru pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos.

Sopiatin, P. (2010). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sulthon, M., & Khusnuridlo, M. (2006). Manajemen pondok pesantren dalam persepktif global. Yogyakarta: Laksbang.

Supiana, S. (2008). Sistem pendidikan madrasah unggulan di MAN Insan Cendikia Tangerang, MAN 1 Bandung, dan MAN Darussalam Ciamis. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI.

Tolkhah, I. & Baziri, A. (2004). Membuka jendela pendidikan: Mengurai akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan. Yogjakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Van Bruinessen, M. (1995). Kitab kuning, pesatren dan tarikat, Bandung: Mizan.

Widodo, S. E. (2011). Manajemen mutu pendidikan untuk guru dan kepala sekolah. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Zulkarnain, Z. (2008). Transformasi nilai-nilai pendidikan Islam, manajemen berorientasi link and match. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.27871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats