EVALUASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL SMP NEGERI 3 PURWOREJO
Edy Supriyadi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat keberhasilan pelaksanaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 3 Purworejo. Penelitian evaluasi ini menggunakan model Contex Input Process Product (CIPP). Subjek penelitian meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, urusan kurikulum, koordinator RSBI, semua guru mata pelajaran, pustakawan, laboran, staf tata usaha, dan representasi peserta didik. Objek penelitian ini berkenaan dengan dimensi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan dimensi Standar Mutu Bertaraf Internasional (RSBI), yang meliputi: 1) variabel konteks; 2) variabel input (Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Standar Pembiayaan); 3) variabel proses (Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian); 4) variabel produk (Standar Kompetensi Lulusan). Data dikumpulkan melalui angket dan kajian dokumen dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan pelaksanaan RSBI di SMPN 3 Purworejo untuk setiap variabel adalah sebagai berikut: 1) Konteks rerata 81,16% termasuk kategori baik. 2) Input, untuk SNP baik (82,13%) untuk RSBI cukup (66,56%): a) Standar Isi, untuk SNP baik (84,88%) untuk RSBI cukup (72,92%); b) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, untuk SNP cukup (70,54%) untuk RSBI kurang (55,32%); c) Standar Sarana dan Prasarana, untuk SNP sangat baik (92,34%) untuk RSBI baik (83,62%); d) Standar Pembiayaan, untuk SNP sangat baik (87,50%) untuk RSBI cukup (65,08%). 3) Variabel Proses, untuk SNP sangat baik (89,18%) untuk RSBI baik (77,24%): a) Standar Proses, untuk SNP baik (82,72%) untuk RSBI cukup (73,10%); b) Standar Pengelolaan, untuk SNP sangat baik (90,95%) untuk RSBI baik (81,00%); c) Standar Penilaian, untuk SNP sangat baik (93,99%) untuk RSBI baik (76,29%). 4) Variabel Produk: Standar Kompetensi Lulusan, untuk SNP baik (79,69%) untuk RSBI baik (80,37%). Secara umum tingkat keberhasilan pelaksanaan RSBI di SMP Negeri 3 Purworejo, untuk dimensi SNP termasuk kategori baik (84,24%). Dimensi RSBI termasuk kategori cukup (73,44%).
Kata kunci: evaluasi program, RSBI
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2335
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |