PERSEPSI WARGA SEKOLAH TENTANG PROGRAM PERCEPATAN BELAJAR DI SMP PANGUDI LUHUR DOMENICO SAVIO SEMARANG
Ishartiwi Ishartiwi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan PPB di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang tahun pelajaran 2010/2011 dilihat dari: 1) konteks pelaksanaan PPB, 2) input program PPB, 3) proses pelaksanaan program pembelajaran PPB, dan 4) output program. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner, dokumentasi, wawancara dan observasi untuk data kualitatif. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, konteks pelaksanaan PPB menunjukkan hasil tinggi 62,8%. Pelaksa-naan PBB dari sisi konteks dapat dilaksanakan dengan baik. Kedua, input program menun-jukkan hasil tinggi, 85,2%. Pelaksanaan PBB dari sisi input dapat dilaksanakan dengan baik. Ketiga, proses pelaksanaan program menunjukkan hasil tinggi, 79,7% berarti pelaksanaan PBB dari sisi proses dilaksanakan dengan baik. Keempat, produk pelaksanaan program yaitu: (a) ujian/test formatif, (b) ujian/test semester, (c) ujian nasional dan (d) prestasi kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan hasil tinggi,74,1%. Hal ini berarti pelaksanaan PBB dari sisi produk dikatakan baik.
Kata kunci : persepsi, program percepatan belajar, cipp
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |