Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru

Erfy Melany Lalupanda, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu  guru melalui implementasi supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan terjadi peningkatan skor pada aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Meskipun masih berada pada kategori cukup, namun dari pra siklus sampai dengan siklus 2 terus mengalami peningkatan.  Hasil ini dapat dicapai karena adanya kerjasama yang baik antar Kepala Sekolah dan Guru yang disupervisi.  Kepala Sekolah berdiskusi dengan guru mengenai masalah yang dihadapi guru pada proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Supervisi akademik yang dilakukan Kepala Sekolah merupakan usaha untuk memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru- guru serta merevisi tujuan-tujuan pembelajaran, bahan pengajaran, metode, evaluasi atau penilaian pengajaran. Supervisi akademik dapat membantu guru untuk mempelajari dan memahami tugas dan perannya sebagai seorang pendidik.

 

Implementation of academic supervision for increasing the quality of teachers

 

Abstract

The aim of this study is to improve the quality learning of teachers through the implementation of academic supervision. The research method used is School Action Research (PTS) with a quantitative descriptive approach. Data collection techniques with interviews, document studies, and observations. The results showed that academic supervision in cycle 1 and cycle 2 showed an increase in scores on aspects of planning and implementing learning. Although it is still in a sufficient category, from pre-cycle to cycle 2 it continues to increase. This result can be achieved because of the good cooperation between the Principal and the supervised Teacher. Principals discuss with teachers about the problems faced by teachers in the planning and implementation of learning processes. Academic supervision by the Principal is an effort to improve teaching, including stimulating, selecting the growth of positions and the development of teachers and revising learning objectives, teaching materials, methods, evaluation and evaluation of teaching. Academic supervision can help teachers to learn and understand the task and its role as an educator.


Keywords


supervisi akademik; mutu guru; academic supervision; quality of teachers

Full Text:

PDF

References


Ayuni, F. N. (2015). Pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2). https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3542

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Penilaian kinerja guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2010). Supervisi akademik materi pelatihan penguatan kemampuan kepala sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2015). Panduan penilaian untuk sekolah menegah atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Elliott, K. (2015). Teacher Performance Appraisal: More about Performance or Development? Australian Journal of Teacher Education, 40(40). https://doi.org/10.14221/ajte.2015v40n9.6

Herlambang, A. D. (2013). Pelaksanaan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Sma Negeri. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya, 36(2). https://doi.org/10.17977/tk.v36i2.4078

Irawan, D., Wahyudin, A., & Yanto, H. (2018). The moderating influence of the academic supervision of teacher competencies and commitment towards organizational of teacher performance. Educational Management, 7(1), 65–70.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Neraca pendidikan daerah. Retrieved November 12, 2017, from https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian (2013).

Mardiana, S., & Sumiyatun, S. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di Sma Negeri 1 Metro. HISTORIA, 5(1), 45. https://doi.org/10.24127/hj.v5i1.732

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah (2007).

Moss, J. T. (2015). The Danielsonmodel of teacher evaluation: exploring teacher perceptions concerning its value in shaping and improving instructional practice. Dissertation. Seton Hall University.

Nadlir, M. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 338. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.338-352

Palupi, R. S. (2013). Pelaksanaan pembelajaran IPS di SMK Nasional Pati. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(1).

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2005). Jakarta.

Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). Pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah melalui partisipasi masyarakat di SMP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9810

Rahabav, P. (2016). The effectiveness of academic supervision for teachers. Journal of Education and Practice, 7(9). Retrieved from https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/29620

Samsuadi, S. (2015). Pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2). https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1515

Shabir, M. (2015). Kedudukan guru sebagai pendidik: (tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, dan kompetensi guru). Auladuna, 2(2), 221–232.

Siregar, Y. (2013). Kompetensi guru dalam bidang strategi perencanaan dan pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/114

Sugiyanti, S., & Narimo, S. (2016). Pengelolaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Manajemen Pendidikan, 11(1), 75. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1829

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Ungin, M. (2013). Studi tentang kualitas tenaga pengajar (guru) pada SMPN 17 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. EJournal Ilmu Administrasi Negara, 1(1). Retrieved from https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=634




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats