Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan pelayanan terhadap kepuasan siswa di SMA Negeri Kabupaten Berau

Y. Yusuf, STIT Muhammadiyah Berau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan siswa (2) pengaruh pelayanan terhadap kepuasan siswa, (3) pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan pelayanan secara bersama-sama terhadap dengan kepuasan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik survei korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik multi stage random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi SMA Negeri yang berada di Kabupaten Berau dengan populasi sebanyak 3486 siswa/i dan sampel sebanyak 171 siswa/i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan siswa. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dari pelayanan terhadap kepuasan siswa. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan siswa.

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, pelayanan, kepuasan siswa

 

THE EFFECTS OF HEADMASTER'S LEADERSHIP AND SERVICE ON STUDENTS' SATISFACTION IN SENIOR HIGH SCHOOLS IN BERAU REGENCY

Abstract

This research aimed to find out (1) the effects of headmaster’s leadership on students’ satisfaction, (2) the effects of service on students’ satisfaction, (3) the effects of  headmaster’s leadership and service collectively on students’ satisfaction. The research used quantitative method with correlational survey technique. The sampling technique used was multi stage random sampling. The respondents in this research were Senior High School students in Berau Regency with the population of 3486 students and sample of 171 students. The result of this research shows that: First, there is a significant effect of headmaster’s leadership on students’ satisfaction. Second, there is a significant effect of the service on students’ satisfaction. Third, there is a significant effect of the headmaster’s leadership and service collectively on students’ satisfaction.

Keywords: headmaster’s leadership, service, student’s satisfaction


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pelayanan, Kepuasan Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.15329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats