Manajemen kewirausahaan melalui strategi berbasis sekolah di Islamic Solidarity School
Rossy Anggelia Hasibuan, Islamic Solidarity School, Indonesia
Abstract
Pemerintah telah berupaya untuk memasyarakatkan kewirausahaan, namun upaya tersebut belum membawa pengaruh yang signifikan karena masih banyak penduduk yang tidak produktif setiap tahun. Dalam praktik di sekolah, bisa di lihat bagaimana strategi mengelola lembaga sekolah dengan menggunakan konsep kewirausahaan yang menguntungkan bagi sekolah dan siswa, dengan cara mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya. Hal ini bisa dilihat dari (1) syarat-syarat apa saja yang harus di miliki pengelola sekolah agar mampu menciptakan unit kewirausahaan, (2) bagaimana pola pengembangan unit kewirausahaan yang dapat di implementasikan di sekolah, (3) bagaimana cara memonitor dan mengevaluasi pengembangan kewirausahaan di sekolah. Sampel pada penelitian ini adalah SMP Islamic Solidarity School yang telah menerapakan kewirausahaan berbasis sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan memaparkan hasil penelitian. Hasil penelitian yang capai saat ini yaitu, guru belum menerapkan pembelajaran berbasis kewirausahaan dalam perencanaan pembelajaran. Ada beberapa kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam menrapkan kewirausahaan berbasis sekolah diantaranya dana, Sumber Daya Manusia, Sarana prasarana, waktu, pemasaran dan kerjasama pada pihak luar yang terkait.
Kata kunci: manajemen pendidikan, pendidikan kewirausahaan, strategi berbasis sekolah
MANAGEMENT STRATEGIES BASED ENTREPRENEURSHIP THROUGH SCHOOLS IN ISLAMIC SOLIDARITY SCHOOL
Abstract
The government has made an effort to promote entrepreneurship, but these effort seem not show a significant impact due to the fact that many people who are not productive every year. It can be seen at school practice how the management of school institutions apply the concept of entrepreneurship that is benefical for schools and students by optimizing its potential. This can bee seen from (1). The requirements that should be owned by the school manager to be able to create an entrepreneurial unit, (2). How to develop of entrepreneurial units that can be implemented in school, (3). How to monitor and evaluate the development of entrepreneurship in schools. The sample of this study is Islamic Junior High School (Solidarity School) that has been applying the school-based entrepreneurship. This is a qualitative method using descriptive approach. The current research results are the teachers have not applied a based learning entrepreneurship in lesson planning. There are several problems faced by the school in applying the school-based entrepreneurship namely: funding, human resources, facilities and infrastructure, time, marketing, and cooperation on relevant external parties.
Keywords: education management, entrepreneurship education, school-based strategiesKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/amp.v5i1.11550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |