PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL CANDI SARI, CANDI RATU BOKO DAN CANDI SAMBISARI UNTUK MENINGKATKAN RASA KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Zana Hashida Ma’tsaroh,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan media pembelajaran Sejarah, 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran Sejarah, dan 3) mengetahui efektifitas media pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Rasa Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap pengembangan media, dan 3) tahap uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa media yang digunakan oleh guru sejarah dalam proses kegiatan belajar mengajar Sejarah berupa penayangan slide power point, film sejarah, dan miniatur-miniatur benda-benda bersejarah; 2) Media media pembelajaran berbasis audio-visual ini melalui beberapa langkah yaitu: a) menyusun media pembelajaran, b) mengumpulkan video, c) menyusun materi, d) menyusun video yang telah dikumpulkan, e) membuat story board, f) pengetesan prodek secara internal; dan 3) Efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis audio visual menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang mengunakan media Power Point serta dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa

                                 

Kata Kunci: Media Audio Visual, Kesadaran Sejarah

                                                                                                   

Kata Kunci: Media Audio Visual, Kesadaran Sejarah


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v12i1.9557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Zana Hashida Ma’tsaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats