PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL CANDI SARI, CANDI RATU BOKO DAN CANDI SAMBISARI UNTUK MENINGKATKAN RASA KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan media pembelajaran Sejarah, 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran Sejarah, dan 3) mengetahui efektifitas media pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Rasa Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap pengembangan media, dan 3) tahap uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa media yang digunakan oleh guru sejarah dalam proses kegiatan belajar mengajar Sejarah berupa penayangan slide power point, film sejarah, dan miniatur-miniatur benda-benda bersejarah; 2) Media media pembelajaran berbasis audio-visual ini melalui beberapa langkah yaitu: a) menyusun media pembelajaran, b) mengumpulkan video, c) menyusun materi, d) menyusun video yang telah dikumpulkan, e) membuat story board, f) pengetesan prodek secara internal; dan 3) Efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis audio visual menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang mengunakan media Power Point serta dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa
Kata Kunci: Media Audio Visual, Kesadaran Sejarah
Kata Kunci: Media Audio Visual, Kesadaran Sejarah
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v12i1.9557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Zana Hashida Ma’tsaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150
ISTORIA has been Indexed by:
Supervised by:
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.