“PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS (Sejarah) DI KELAS 9.1 TENTANG PERANG DUNIA II, DI SMPN 16 KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Gunarti Sukriyatun,

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah peserta didik lebih aktif bertanya dalam memecahkan masalah-masalah yang belum dipahami oleh peserta didik selama pelajaran berlangsung, juga menjadi terbiasa untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan kepada peserta didik, sehingga suasana dalam kelas lebih hidup dan menyenangkan  agar  dapat meningkatkan semangat dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bersifat deskriptif analitis. Melalui penelitian ini, peneliti berusaha memahami dan menafsirkan suatu peristiwa menurut perspektif dan hasil pengamatan, sehingga penulis mendapat gambaran secara menyeluruh mengenai masalah yang diteliti. Kegiatan bertanya jawab dapat lebih memusatkan perhatian peserta didik terhadap materi yang dibahas sehingga peserta didik merasa takut atau malu bila tidak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta didik lain. Kegiatan bertanya jawab dapat menimbulkan keingintahuan sehingga dapat membangkitkan minat dan perhatian peserta didik terhadap suatu masalah yang sedang dibahas. Kegiatan bertanya jawab dapat mendiagnosis kesulitan belajar selama peserta didik mengikuti proses pembelajaran berlangsung.

 

Kata kunci: Metode Tanya Jawab, Peserta didik, Mata pelajaran IPS (Sejarah)

 


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v12i1.9545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Gunarti Sukriyatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats