RUNTUHNYA DIKOTOMI TRADISIONALIS DAN MODERNIS: MENILIK DINAMIKA SEJARAH NAHDATUL ULAMA DAN MUHAMMADIAYAH

admin Wisnu istoria,

Abstract


Abstrak

NU tradisional dan Muhammadiyah modern adalah pandangan yang sudah umum dikemukakan. Tradisional karena dalam praktek keagamaan, kalangan NU hanya mengikuti pendapat dan menjalankan praktek keagamaan para ulama terdahulu, sehingga yang ada hanyalah taklid dan menolak ijtidah. Demikian pula, ketradisionalan NU biasanya dituduhkan karena banyak praktek ritual yang dicampuradukan oleh kalangan ini dengan budaya-budaya yang sudah ada. Sebaliknya, Muhammadiyah terkenal modern karena golongan ini mencoba membawa Islam agar sesuai dengan tuntutan dan keadaan zaman. Menurut kalangan Muhammadiyah, Islam juga berarti kemajuan sementara agama tidak akan menghambat siapapun yang berusaha untuk mencari ilmu pengetahuan. Namun, dalam perjalanan sejarah, tampaknya dikotomi semacam ini perlu dipertanyakan kembali.

Kenyataan membuktikan bahwa untuk konteks sekarang ternyata sulit untuk mengatakan bahwa NU tradisional, terutama dalam hal pemikiran keagamaan. Dapat dilihat, konsep seperti inklusif, substansial, konvergen, manhaji, dan bahkan liberal, yang sekarang ini sering diusung dan disuarakan di kalangan NU adalah manifestasi dari pemikiran modern. Berpikir kritis sebagai salah satu ciri modern, tampaknya telah dikonsumsi, sehingga wajar apabila di kalangan NU sekarang ini muncul istilah ”pemaknaan ulang ahlus Sunnah Waljamaah” dan ”pemaknaan ulang konsep bermazdhab”. Yang nyata, dalam segala hal praktek keagamaan dan pemikiran keagamaan, menurut kalangan NU ini, boleh dipertanyakan kembali dan bahkan digugat.

Kata Kunci: Berpikir kritis, dikotomi, modern, Muhammadiyah, NU, pemaknaan ulang, dan tradisional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v9i1.6258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 admin Wisnu istoria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats