KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KTSP MATA PELAJARAN SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS (Penelitian di SMA N I Prambanan Klaten)

Authors

  • Terry Irenewaty

DOI:

https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui realitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Prambanan Klaten dan (2) mengetahui kesulitan-kesulitan guru sejarah dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran sejarah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat naturalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran sejarah di SMA N I Prambanan Klaten menunjukkan kecenderungan pembelajaran yang sifatnya rutinitas, kurang memperhatikan kualitas proses dan hasil yang substantif sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran sejarah sebagaimana termuat dalam Permendiknas No 22 tahun 2006, (2) dalam implementasi KTSP guru sejarah masih menemukan banyak kesulitan-kesulitan baik secara teoritik maupun praktik. Adapun kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran sejarah yang menyangkut implementasi KTSP adalah: (1) kesulitan dalam mengembangkar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) menyiapkan atau mengemas materi pembelajaran, (3) menggunakan media yang mtakhir, (4) memfokuskan perhatian siswa, (5) menerapkan variasi metode pembelajaran, (6) memberikan umpan balik, (7) memberikan rangsangan motivasi, (8) mengevaluasi pembelajaran secara komprehensif, dan (9) mengembangkan secara keseluruhan KTSP itu sendiri.

 

Kata Kunci: realitas, pembelajaran sejarah, KTSP.

Downloads

Published

2015-10-21

How to Cite

[1]
Irenewaty, T. 2015. KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KTSP MATA PELAJARAN SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS (Penelitian di SMA N I Prambanan Klaten). ISTORIA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah. 11, 1 (Oct. 2015). DOI:https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5770.