KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KTSP MATA PELAJARAN SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS (Penelitian di SMA N I Prambanan Klaten)
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5770Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui realitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Prambanan Klaten dan (2) mengetahui kesulitan-kesulitan guru sejarah dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran sejarah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat naturalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran sejarah di SMA N I Prambanan Klaten menunjukkan kecenderungan pembelajaran yang sifatnya rutinitas, kurang memperhatikan kualitas proses dan hasil yang substantif sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran sejarah sebagaimana termuat dalam Permendiknas No 22 tahun 2006, (2) dalam implementasi KTSP guru sejarah masih menemukan banyak kesulitan-kesulitan baik secara teoritik maupun praktik. Adapun kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran sejarah yang menyangkut implementasi KTSP adalah: (1) kesulitan dalam mengembangkar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) menyiapkan atau mengemas materi pembelajaran, (3) menggunakan media yang mtakhir, (4) memfokuskan perhatian siswa, (5) menerapkan variasi metode pembelajaran, (6) memberikan umpan balik, (7) memberikan rangsangan motivasi, (8) mengevaluasi pembelajaran secara komprehensif, dan (9) mengembangkan secara keseluruhan KTSP itu sendiri.
Kata Kunci: realitas, pembelajaran sejarah, KTSP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index