EFEKTIVITAS PENDEKATAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) efektivitas pendekatan terpadu model connected, nested dan pendekatan parsial dalam meningkatkan berpikir kritis, dan (2) pendekatan mana yang lebih efektif antara model connected, nested, dan pendekatan parsial dalam meningkatkan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretes dan postes. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Yogyakarta. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian (ANOVA), yang dilanjutkan dengan uji scheffe (uji S) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan terpadu lebih efektif dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik dibandingkan pendekatan parsial. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan pendekatan terpadu model connected, nested, dan pendekatan parsial. Dengan demikian urutan pendekatan yang lebih efektif dalam meningkatkan berpikir kritis adalah pendekatan terpadu model nested, model connected, dan pendekatan parsial.
Kata kunci: connected, nested, parsial, berpikir kritis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Emilia Monalita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150
ISTORIA has been Indexed by:
Supervised by:
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.