EFEKTIVITAS PENDEKATAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI YOGYAKARTA

Emilia Monalita,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) efektivitas pendekatan terpadu model connected, nested dan pendekatan parsial dalam meningkatkan berpikir kritis, dan (2) pendekatan  mana yang lebih efektif antara model connected, nested, dan pendekatan parsial dalam meningkatkan  berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretes dan postes. Populasi  penelitian  adalah seluruh peserta didik kelas X pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri  di  Yogyakarta. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan  tes evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan  analisis varian (ANOVA), yang dilanjutkan dengan uji scheffe (uji S) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan terpadu lebih efektif dalam meningkatkan  berpikir kritis peserta didik dibandingkan pendekatan parsial. Hal ini dibuktikan dengan adanya  perbedaan rata-rata skor hasil belajar peserta didik  antara yang menggunakan pendekatan terpadu model connected, nested, dan pendekatan parsial. Dengan demikian urutan pendekatan  yang lebih efektif dalam meningkatkan berpikir kritis adalah pendekatan terpadu model nested, model connected, dan pendekatan parsial.

 

Kata kunci: connected, nested, parsial, berpikir kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Emilia Monalita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats