PENDIDIKAN KAUM PROLETAR INGGRIS PADA MASA REVOLUSI INDUSTRI

Iis Husnul Hotimah, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Resmiyati Yunus, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Darwin Une, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Abstract


Artikel ini secara khusus menyoroti kondisi pendidikan kaum proletar Inggris pada masa Revolusi Industri. Peristiwa terjadinya Revolusi memiliki dampak luar biasa bagi Eropa maupun dunia, yang secara tidak langsung pendidikan juga memiliki fungsinya sendiri dalam mendorong terjadinya Revolusi. Kelas bawah atau kaum proletar Inggris yang kehidupannya jarang tersorot, menunjukkan pengabaian umum terhadap sejarah pendidikan kelas bawah dan kesempatan untuk mengembangkannya secara lebih luas. Perkembangan sejarah sekolah yang diuraikan oleh William dalam Reportnya tahun 1961, dan tulisan-tulisan Hadow 1926 diuraikan sebagai contoh karakteristik pendidikan kelas bawah, dengan lasting implication yang membantu menjelaskan konflik berkelanjutan atas pendidikan kelas bawah di awal ke-18. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penjabaran fakta dan data hasil penelitian di lapangan.

References


Arthur, J., Davison, J., & Stow, W. (2014). Social literacy, citizenship education and the national curriculum. United states : Routledge.

Ashley, W. J. (1914). The Economic Organisation of England. The Economic Journal. Vol. 24, No. 96. (pp. 566–569).

Becker, S. O., Dkk. (2011). Education and Catch-up in the Industrial Revolution. American Economic Journal: Macroeconomics. Vol. 3, No. 3. (pp. 92–126).

Djadja, W. (2012). Sejarah Eropa dari Eropa kuno hingga Eropa modern. Yogyakarta : Ombak.

Fox, R. (2018). Shakespeare, Oxford and the Grammar School Question. The Oxfordian. Vol. 11. (pp. 113-136).

Frick, CC. (1999). The enlightment. Regent : University of California.

Crafts, N. F. R. (1977). Industrial Revolution in England and France: Some Thoughts on the Question, “Why was England First?”. The Economic History Review. Vol. 30, No. 3. (pp. 429–441).

Hartwell, R. M. (1965). The Causes of the Industrial Revolution An Essay in Methodology. The Economic History Review. Vol. 18, No. 1. (pp. 164-182).

McLean, R. (2010). The enlightment. United Kingdom : History at the Higher Education Academy.

Spens, W. (1938). Secondary education : with special reference to grammar school and technical high school. London : His Majesty`s Stationery Office.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Toynbee. A. (1884). Lectures on the Industrial Revolution of the Eighteenth Century in England. London. Diakses dari www.sjs.edu (23 Agustus 2022)

Williams, H. (1926). The education of the adolscene. London : His Majesty`s Stationery Office.

Williams, R. (1961). Culture and Society 1780-1950. United states : Columbia University Press.

Daftar pustaka gambar :https://www.lookandlearn.com/history-images/. Diakes tanggal 23 Agustus 2022




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v18i2.52821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Iis Husnul Hotimah, Resmiyati Yunus, Darwin Une

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats