KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Nara Setya Wiratama, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Mata Pelajaran Sejarah merupakan salahsatu pelajaran yang menyenangkan. Peserta didik di bawa ke sebuah peristiwa masa lalu, melewati antar dimensi dan merasakan kembali peristiwa tersebut. Sungguh menarik peristiwa ini saat dijelaskan dengan menyenangkan oleh guru sejarah. Inilah kemampuan public speaking. Kemampuan yang harus dikuasai guru sejarah di revolusi industry 4.0 dalam mengemas pembelajaran agar diminati dan disukai peserta didik. Tujuan artkel ini, guru memahami berbagai teknik public speaking dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dimulai dari tahapan mendeskripsikan, menganalisis, dan membandingkan. Pengumpulan data melalui content analysis, in-depth interviewing, dan observation. Untuk menghasilkan kemampuan public speaking yang baik, guru  harus menemukan strong why dalam dirinya, melakukan komunikasi dalam pembelajaran dengan tahap sebagai berikut: (1) amazing opening; (2) content; dan; (3) powerful closing. Guru harus menjadi fasilitator kepada peserta didik dengan menggunakan komukikasi dua arah dan bersifat tidak menggurui; guru dan peserta didik bersama dalam memahami serta mencari makna di sebuah persoalan; guru bukan orang asing bagi peserta didik, namun seorang sahabat yang senantiasa menguatkan dan memotivasi.

Kata Kunci: public speaking, pembelajaran, sejarah, pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asiyah, Siti. (2017). Public Speaking dan Kontribusinya Terhadap Kompetensi DAI. Jurnal Ilmu Dakwah, vol. 37, No. 2, ISSN 1693-8054 (pp 198-214)

Agung, Leo, Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Carr, E.H. 2014. Apa Itu Sejarah. Jakarta: Komunitas Bambu.

ESQ Leadership Center. 2017. TOT Public Speaking Workbook. Jakarta: Menara 165

Girsang, Lasmery RM. (2018). Public Speaking sebagai Bagian dari Komunikasi Efektif. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan Vol. 2, No. 2, p-ISSN 2581-2718, e-ISSN 2620-3480 (pp 81-85).

Hojanto, Ongky. (2013). Public Speaking Mastery. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Jhon M. Echols & Hasan Sadily. (2003). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Nurindra, Yan. (2015). Basic Hypnotherapy. Jakarta: The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH)

Rahmat, Jalaluddin, 2011, Retorika Modern pendekatan praktis, Bandung: Remaja rosdakarya

Rowse. A.L. 2014. Apa Guna Sejarah ?. Jakarta: Komunitas Bambu.

Sanjaya, W. (2008) . Perencanaan&Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fay Irvanto. 2014. Bagaimana Membuat Kesan WOW! di 5 Menit Pertama di Depan Audience. Tersedia di: http://www.jamilazzaini.com/bagai mana-membuat-kesan-wow-di-5-menit-pertama-di-depanaudience/. Di akses pada tanggal 12 Februari 2021




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v17i1.40350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nara Setya Wiratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats