KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v17i1.40350Abstract
Abstrak
Mata Pelajaran Sejarah merupakan salahsatu pelajaran yang menyenangkan. Peserta didik di bawa ke sebuah peristiwa masa lalu, melewati antar dimensi dan merasakan kembali peristiwa tersebut. Sungguh menarik peristiwa ini saat dijelaskan dengan menyenangkan oleh guru sejarah. Inilah kemampuan public speaking. Kemampuan yang harus dikuasai guru sejarah di revolusi industry 4.0 dalam mengemas pembelajaran agar diminati dan disukai peserta didik. Tujuan artkel ini, guru memahami berbagai teknik public speaking dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dimulai dari tahapan mendeskripsikan, menganalisis, dan membandingkan. Pengumpulan data melalui content analysis, in-depth interviewing, dan observation. Untuk menghasilkan kemampuan public speaking yang baik, guru harus menemukan strong why dalam dirinya, melakukan komunikasi dalam pembelajaran dengan tahap sebagai berikut: (1) amazing opening; (2) content; dan; (3) powerful closing. Guru harus menjadi fasilitator kepada peserta didik dengan menggunakan komukikasi dua arah dan bersifat tidak menggurui; guru dan peserta didik bersama dalam memahami serta mencari makna di sebuah persoalan; guru bukan orang asing bagi peserta didik, namun seorang sahabat yang senantiasa menguatkan dan memotivasi.
Kata Kunci: public speaking, pembelajaran, sejarah, pembelajaran sejarahReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asiyah, Siti. (2017). Public Speaking dan Kontribusinya Terhadap Kompetensi DAI. Jurnal Ilmu Dakwah, vol. 37, No. 2, ISSN 1693-8054 (pp 198-214)
Agung, Leo, Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Carr, E.H. 2014. Apa Itu Sejarah. Jakarta: Komunitas Bambu.
ESQ Leadership Center. 2017. TOT Public Speaking Workbook. Jakarta: Menara 165
Girsang, Lasmery RM. (2018). Public Speaking sebagai Bagian dari Komunikasi Efektif. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan Vol. 2, No. 2, p-ISSN 2581-2718, e-ISSN 2620-3480 (pp 81-85).
Hojanto, Ongky. (2013). Public Speaking Mastery. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Jhon M. Echols & Hasan Sadily. (2003). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Nurindra, Yan. (2015). Basic Hypnotherapy. Jakarta: The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH)
Rahmat, Jalaluddin, 2011, Retorika Modern pendekatan praktis, Bandung: Remaja rosdakarya
Rowse. A.L. 2014. Apa Guna Sejarah ?. Jakarta: Komunitas Bambu.
Sanjaya, W. (2008) . Perencanaan&Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Fay Irvanto. 2014. Bagaimana Membuat Kesan WOW! di 5 Menit Pertama di Depan Audience. Tersedia di: http://www.jamilazzaini.com/bagai mana-membuat-kesan-wow-di-5-menit-pertama-di-depanaudience/. Di akses pada tanggal 12 Februari 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index