PENGGUNAAN MUSEUM SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN OUT-CLASS

V. Indah Sri Pinasti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Museologi melalui pembelajaran out -class pada Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pengembangan model pembelajaran out -class dilatarbelakangi oleh perlunya dinamisasi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meng-hasilkan pembelajaran bermakna, mencari, menemukan, dan memecahkan per-masalahan dalam perkuliahan dengan penerapan metode out-class.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan hasil ujian mahasiswa dalam mata kuliah museologi.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran pada mahasiswa semester gasal yang mengambil mata kuliah Museologi melalui pengembangan dan penerapan model pembelajaran out-class.Diperoleh kesimpulan bahwa dari penelitian ini berhasil meng-indentifikasi museum-museum yang ada di Yogyakarta. Dari beberapa museum yang berhasil diidentitikasi tersebut hanya terdapat beberapa museum yang efektif dan relevan untuk dijadikan sumber belajar siswa dalam mata kuliah Museologi.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Bermakna, Museum


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 V. Indah Sri Pinasti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats